Free Web Space | BlueHost Review  

MUTIARA KATA BUKU PERTAMA

 

 

 

TENTANG CINTA

 

 

Karya :Yayan Istiana

 

 

KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Dia, wajah-Nya maupun diri-Nya, Allah, Sang Maharaja segala raja, semua alam semesta, Sang Cahaya atas segala cahaya, Yang kasihsayang-Nya melebihi Maryam terhadap Isa. Hanya Dia-lah yang wujud, dan atas perkenanNya pula sezarrah kuasa-Nya ini dinisbikan dari ketiadaan, sebagai suatu ujian, pelajaran, dan menjadi satu ruas jalan penghambaan bagi ‘diri’ ini, seorang yang baru mulai mencoba mengenali hakikat hamba pada dirinya, demi untuk mengenal Khaliknya.

Salam kemuliaan bagi kekasih-Nya, yang hanya baginya seorang semua diwujudkan dari tiada, sang cermin dari Maharaja Cahaya, sang senyum dari Yang Maha Penyayang, kekasih dari semua pecinta, Rasulullah Muhammad SAW, pembimbing bagi siapa yang mencari-Nya, pemegang kunci gerbang menuju-Nya.

Sambungan Buku Pertama yang kurang begitu jelas maknanya………..??????

 

Karya : Yayan Istiana

 

 

 

 

 

TENTANG CINTA

 

Jika kita mencintai seseorang, kita akan senantiasa mendo'akannya walaupun dia tidak berada disisi kita.



Tuhan memberikan kita dua kaki untuk berjalan, dua tangan untuk memegang, dua telinga untuk mendengar dan dua mata untuk melihat. Tetapi mengapa Tuhan hanya menganugerahkan sekeping hati pada kita ? Karena Tuhan telah memberikan sekeping lagi hati pada seseorang untuk kita mencarinya. Itulah Cinta ...

Jangan sesekali mengucapkan selamat tinggal jika kamu masih mau mencoba. Jangan sesekali menyerah jika kamu masih merasa sanggup. Jangan sesekali mengatakan kamu tidak mencintainya lagi, jika kamu masih tidak dapat melupakannya.

Cinta datang kepada orang yang masih mempunyai harapan, walaupun mereka telah dikecewakan. Kepada mereka yang masih percaya, walaupun mereka telah dikhianati. Kepada mereka yang masih ingin mencintai, walaupun mereka telah disakiti sebelumnya dan Kepada mereka yang mempunyai keberanian dan keyakinan untuk membangunkan kembali kepercayaan.

Jangan simpan kata-kata cinta pada orang yang tersayang sehingga dia meninggal dunia lantaran akhirnya kamu terpaksa catatkan kata-kata cinta itu pada pusaranya. Sebaliknya ucapkan kata-kata cinta yang tersimpan dibenakmu itu sekarang selagi ada hayatnya.

Mungkin Tuhan menginginkan kita bertemu dan bercinta dengan orang yang salah sebelum bertemu dengan orang yang tepat, kita harus mengerti bagaimana berterimakasih atas karunia tersebut.

Cinta dapat mengubah pahit menjadi manis, debu beralih emas, keruh menjadi bening, sakit menjadi sembuh, 
penjara menjadi telaga, derita menjadi nikmat dan kemarahan menjadi rahmat.

Sungguh menyakitkan mencintai seseorang yang tidak mencintaimu, tetapi lebih menyakitkan adalah 
mencintai seseorang dan kamu tidak pernah memiliki keberanian untuk menyatakan cintamu kepadanya.

Seandainya kamu ingin mencintai atau memiliki hati seorang gadis, ibaratkanlah seperti menyunting sekuntum mawar merah. Kadangkala kamu mencium harum mawar tersebut, tetapi kadangkala kamu terasa bisa duri mawar itu menusuk jari.

Hal yang menyedihkan dalam hidup adalah ketika kamu bertemu seseorang yang sangat berarti bagimu, hanya untuk menemukan bahwa pada akhirnya menjadi tidak berarti dan kamu harus membiarkannya pergi.

Kadangkala kamu tidak menghargai orang yang mencintai kamu sepenuh hati, sehingga kamu kehilangannya. 
Pada saat itu, tiada guna penyesalan karena perginya tanpa berkata lagi.

Cintailah seseorang itu atas dasar siapa dia sekarang dan bukan siapa dia sebelumnya. 
Kisah silam tidak perlu diungkit lagi, kiranya kamu benar-benar mencintainya setulus hati.

Hati-hati dengan cinta, karena cinta juga dapat membuat orang sehat menjadi sakit, orang gemuk menjadi kurus, orang normal menjadi gila, orang kaya menjadi miskin, raja menjadi budak, jika cintanya itu disambut oleh para pecinta PALSU.

Kemungkinan apa yang kamu sayangi atau cintai tersimpan keburukan didalamnya dan kemungkinan 
apa yang kamu benci tersimpan kebaikan didalamnya.

Cinta kepada harta artinya bakhil, cinta kepada perempuan artinya alam, cinta kepada diri artinya bijaksana, 
cinta kepada mati artinya hidup dan cinta kepada Tuhan artinya Takwa.

Lemparkan seorang yang bahagia dalam bercinta kedalam laut, pasti ia akan membawa seekor ikan. 
Lemparkan pula seorang yang gagal dalam bercinta ke dalam gudang roti, pasti ia akan mati kelaparan.

Seandainya kamu dapat berbicara dalam semua bahasa manusia dan alam, tetapi tidak mempunyai 
perasaan cinta dan kasih, dirimu tak ubah seperti gong yang bergaung atau sekedar canang yang gemericing.

Cinta adalah keabadian ... dan kenangan adalah hal terindah yang pernah dimiliki.

Siapapun pandai menghayati cinta, tapi tak seorangpun pandai menilai cinta karena cinta bukanlah suatu 
objek yang bisa dilihat oleh kasat mata, sebaliknya cinta hanya dapat dirasakan melalui hati dan perasaan.

Cinta mampu melunakkan besi, menghancurkan batu, membangkitkan yang mati dan 
meniupkan kehidupan padanya serta membuat budak menjadi pemimpin. Inilah dahsyatnya cinta.

Cinta sebenarnya adalah membiarkan orang yang kamu cintai menjadi dirinya sendiri dan tidak merubahnya menjadi 
gambaran yang kamu inginkan. Jika tidak, kamu hanya mencintai pantulan diri sendiri yang kamu temukan didalam dirinya.

Kamu tidak akan pernah tahu bila kamu akan jatuh cinta. Namun apabila sampai saatnya itu, 
raihlah dengan kedua tanganmu dan jangan biarkan dia pergi dengan sejuta rasa tanda tanya dihatinya.

Cinta bukanlah kata murah dan lumrah dituturkan dari mulut kemulut tetapi cinta adalah 
anugerah Tuhan yang indah dan suci jika manusia dapat menilai kesuciannya.

Bercinta memang mudah, untuk dicintai juga memang mudah. Tapi untuk dicintai oleh orang yang kita cintai
 itulah yang sukar diperoleh.

Jika saja kehadiran cinta sekedar untuk mengecewakan, lebih baik cinta itu tak pernah hadir.

Cinta sebenarnya tidak buta. Cinta adalah sesuatu yang murni, luhur dan diperlukan. 
Yang buta adalah bila cinta itu menguasai dirimu tanpa suatu pertimbangan.

Bukan laut namanya jika airnya tidak berombak, bukan cinta namanya jika perasaan tidak pernah terluka, 
bukan kekasih namanya jika hatinya tidak pernah merasa rindu dan cemburu.

Cinta bukanlah dari kata-kata tetapi dari segumpal keinginan diberi pada hati yang memerlukan. 
Tangisan juga bukanlah pengobat cinta karena ia tidak mengerti perjalanan hati nurani.

Kejarlah cita-cita sebelum cinta, apabila tercapainya cita-cita maka dengan sendirinya cinta itu akan hadir.

Cinta seringkali akan lari bila kita mencari, tetapi cinta jua seringkali dibiarkan pergi bila ia menghampiri.

Cinta pertama adalah kenangan, Cinta kedua adalah pelajaran, dan cinta yang seterusnya adalah satu keperluan 
karena hidup tanpa cinta bagaikan masakan tanpa garam. Karena itu jagalah cinta yang dianugerahkan itu 
sebaik-baiknya agar ia terus mekar dan wangi sepanjang musim.

Kecewa bercinta bukan berarti dunia sudah berakhir. Masa depan yang cerah berdasarkan pada masa lalu 
yang telah dilupakan. Kamu tidak dapat melangkah dengan baik dalam kehidupan kamu 
sampai kamu melupakan kegagalan kamu dan rasa kekecewaan itu.

Hanya diperlukan waktu semenit untuk menafsir seseorang, sejam untuk menyukai seseorang dan 
sehari untuk mencintai seseorang, tetapi diperlukan waktu seumur hidup untuk melupakan seseorang.

Hidup tanpa cinta sepeeti makanan tanpa garam. Oleh karena itu, kejarlah cinta seperti kau mengejar waktu dan apabila kau sudah mendapat cinta itu, jagalah ia seperti kau menjaga dirimu. Sesungguhnya cinta itu karunia Tuhan Yang Maha Esa.

Cintailah orang yang engkau kasihi itu sekedranya, mungkin saja dia akan menjadi orang yang 
kau benci pada suatu hari kelak. Juga bencilah terhadap orang yang kamu benci itu sekedarnya, 
barangkali dia akan menjadi orang yang engkau kasihi pada suatu hari nanti.

Janganlah kau tangisi perpisahan dan kegagalan bercinta, karena pada hakikatnya jodoh itu bukan ditangan manusia. 
Atas kasih sayang Tuhan kau dan dia bertemu, dan atas limpahan kasihNya jua kau dan dia dipisahkan 
bersama hikmah yang tersembunyi. Pernahkan kau berfikir kebesaranNya itu ?

Cinta itu tidak menjanjikan sebuah rumah tangga aman damai, tetapi penerimaan dan tanggung jawab 
adalah asas utama kebahagiaan rumah tangga. Cinta hanya sebuah keindahan perasaan, 
cinta akan bertukar menjadi tanggung jawab apabila terbinanya sebuah rumah tangga.

Memberikan seluruh cintamu kepada seseorang bukanlah jaminan dia akan membalas cintamu, jangan mengharapkan 
balasan cinta, tunggulah sampai cinta berkembang dihatinya, tetapi jika tidak, berbahagialah karena cinta tumbuh dihatimu.

Cinta bukanlah dari kata-kata, tetapi dari segumpal keinginan diberi pada hati yang memerlukan.

Cinta lebih mudah mekar dihati yang sedang dilanda kecewa, cinta seperti ini adalah cinta yang mengharapkan belas kasihan, 
oleh karena itu, bila sepi telah punah maka biasanya cinta juga akan turut terbang.

Cinta yang dikaitkan dengan kepentingan pribadi akan berubah menjadi putus asa.

Dalam sebuah percintaan, janganlah kamu sesali perpisahan tetapi sesalilah pertemuan. 
Karena tanpa pertemua tidak akan ada perpisahan. Menikahlah dengan orang yang lebih mencintai diri kita 
daripada kita mencintai diri orang itu. Itu lebih baik daripada menikahi orang yang kita cintai tetapi tidak menyintai 
diri kita karena adalah lebih mudah mengubah pendirian diri sendiri daripada mengubah pendirian orang lain.

Cinta yang suci dapat dilihat dari pengorbanan seseorang, bukanlah dari pemberian semata.

Ibaratkalah kehilangan cinta itu seumpama hilangnya cincin permata di lautan luas yang tiada bertepi dan harus dilupakan. 

Cinta tidak selalu bersama jodoh, tapi jodoh selalu bersama cinta. 

Kata pujangga ; Cinta letaknya di hati, meskipun tersembunyi, namun getarannya jelas sekali. Ia mampu mempengaruhi fikiran sekaligus mengendalikan tindakan kita sehingga kadangkala kita melakukan hal terbodoh tanpa kita sadari.

Cinta dimulai dengan senyuman, tuumbuh dengan dekapan dan seringkali berakhir dengan air mata.

Mencintai adalah masalah yang penting bagi manusia
Bila kita mampu mengurai cinta,
Maka hakekat cinta akan berubah menjadi sesuatu
Itulah kenyataan cinta ...

Memperlihatkan cinta adalah suatu kepicikan
Dibanding sesuatu yang agung, yang tersembunyi dibalik cinta
Cinta memang tidak mudah untuk dimengerti ...

Seseorang selalu membutuhkan orang lain
Untuk membantu memahami bagian dari diri kita.
Untuk menyingkap bagian yang tersembunyi dari diri mereka.
Dan untuk percaya dan memahami bagian yang terbaik dari mereka

Ketika kita membantu orang lain.
Kita tidak boleh menyembunyikan apa yang kita ketahui tentangnya
Kita tidak boleh hanya menjadi telinga bagi mereka.

Ketika tangan kehidupan terasa gelap dan malam tak bernyanyi
Itu adalah waktu untuk cinta dan kepercayaan
Dan tangan kehidupan akan bersinar dan bernyanyi
Bila seseorang mencintai dan mempercayai seutuhnya.

Kasih ... kekuatan apakah yang menggerakkanku dalam badai
Mengapa aku menjadi lebih baik dan lebih kuat
Serta lebih yakin pada kehidupan saat badai menerjang
Aku tak mengerti dan sekarang aku menjadi lebih mencintai dirimu
Dari apapun yang ada di alam ini.

Sejak pertama kulihat engkau, 
Hal yang paling mendalam yang kurasakan adalah 
Kejujuran, kecerdasan dan kehangatan dirimu.
Kini, pun sama hanya seribu kali lebih dalam dan lebih lembut.

Aku mencintaimu sebelum kita berdekatan,
Sejak pertama kulihat engkau.
Aku tahu ini adalah takdir.
Kita akan selalu bersama ...
Dan tidak ada yang akan memisahkan kita

Amien ... ... ...

 

 

 

Hal - Hal Utama Dalam Menjalin Cinta

Semua orang mendambakan cinta yang terjalin akan indah berseri sepanjang masa. Namun kehangatan api cinta bisa padam, keindahan pesona cinta bisa memudar dan hilang. Oleh karena itu diperlukan pemahaman dan usaha untuk menyalakan api cinta dan mempertahankan keindahan cinta.

 

KASIH SAYANG adalah esensi dari cinta yang murni. Idealnya adalah keseimbangan dalam memberi dan menerima kasih sayang. Belajarlah untuk menyayangi kekasihmu seperti kamu menyayangi dirimu sendiri. Nyatakanlah kasih sayangmu padanya dengan perhatian, bersikap pengertian, bicara dengan kata-kata yang manis, menghidangkan makanan atau minuman kesukaannya, dsb. Jangan sedih dan kecewa kalo' kekasihmu tampak belum sungguh-sungguh menyayangimu. Jangan berhenti menyayanginya, karena cepat atau lambat dia akan merespon kasih sayangmu dengan kasih sayangnya yang murni.

KEPERCAYAAN adalah ungkapan cinta yang mendalam. Rasa saling percaya adalah iklim yang ideal bagi tumbuhnya benih-benih cinta. Sebaliknya, kurangnya rasa percaya merupakan hama yang bisa merusak bunga-bunga cinta dengan kesalahpahaman, kecemburuan dan kekhawatiran. Tambahkanlah terus kepercayaanmu padanya, dan berusahalah agar kepercayaannya padamu juga semakin bulat.

KETULUSAN
cinta keluar dari hati nurani yang bersih. Hubungan cinta yang tulus akan ditandai dengan keterus-terangan, keterbukaan dan kejujuran. Tidak ada yang ditutup-tutupi, tidak ada kepura-puraan, tidak ada rekayasa dan tidak ada maksud-maksud terselubung. Betapa rapuhnya cinta yang terjalin tanpa ketulusan.

PERSAHABATAN adalah kebutuhan mutlak dalam suatu jalinan cinta. Cinta bukanlah cinta bila tanpa persahabatan. Sebagai sahabat yang baik, kamu akan menjadi teman bicara, teman bercanda, teman bermain, teman diskusi, teman dikala suka dan duka. Sebagai sahabat, kamu tidak akan menggurui, mengatur, mengekang dan membuatnya takut. Berusahalah untuk menjadi sahabat yang baik dan menyenangkan agar dia merasa lebih nyaman dan bahagia.

KOMUNIKASI adalah jembatan yang bisa menyatukan dua hati dan dua pikiran. Komunikasi yang baik harus bersifat dua arah, tidak ada yang terlalu banyak bicara dan tidak ada yang terlalu banyak diam. Komunikasi yang baik tidak hanya sekedar bicara, tapi juga mendengar dengan telinga dan hati. Komunikasi yang terbuka akan membuat hubungan lebih akrab, dapat mencegah kesalahpahaman dan memudahkan penyelesaian konflik Tanpa komunikasi yang baik, sulit untuk mempertahankan keindahan suatu jalinan cinta. Jadi, peliharalah jalur komunikasi yang lancar dan jangan biarkan tersumbat.

KESETIAAN
mencerminkan kekuatan karakter. Mudah sekali mengucapkan janji setia, namun terkadang sulit untuk menjalaninya karena banyak sekali godaan yang bisa menggoyahkan kesetiaan. Tapi dalam keadaan apapun kesetiaan harus dijaga, sebab tidak mungkin mempertahankan keindahan cinta tanpa kesetiaan. Manusiawi sekali waktu kamu mengagumi dan menyukai orang lain yang sangat menarik, namun kesetiaan akan mencegah kamu mengkhianati kekasihmu dengan cara apapun. Kesetiaan juga akan diuji oleh situasi dan kondisi yang buruk. Kesetiaan akan memilih untuk tetap mencintainya ketika dia sakit, ketika dia tidak berdaya, atau ketika dia tidak menarik lagi secara fisik.

RASA HORMAT adalah bagian yang tak terpisahkan dari kasih sayang. Kalo' kamu saling menyayangi, maka kamu akan saling menghormati. Rasa hormat akan memagari keakraban dan keintimanmu agar tidak melanggar hak pribadi yang masih dimiliki oleh sepasang kekasih. Rasa hormat akan membuat kamu menghargai privasinya, menghargai pendapatnya, menghargai keyakinannya dan manghargai dirinya sebagai seorang pribadi yang penting. Kalo' kamu menghormati kekasihmu, kamu akan menjaga kehormatan dan harga dirinya.

 

 

 

 

 

 

                 Cinta Awet Seperti Permen Karet

Ingin cintamu Awet, seperti permen karet ? waktu pdkt, terasa manis dan butuh perjuangan, buat memperoleh cintanya. Namun kok, makin deket, mulai terasa basi ya ? Wah ... bahaya ! lebih baik, kamu perhatiin lagi resep jitu, agar cinta doimu tetap menderu dan sekaligus menjaga agar doi kamu ngga' mendua :

 

1.     Jujur

Bila ada yang tidak kita sukai dari doi, lebih baik jujur. Kalo' perlu, obrolin saat kita dan dia sedang berduaan saja. Ngga' apa-apa kok, agak sakit sedikit, tapi enak belakangan hari. Seperti, kita ngga' suka melihat kalo' doi terlalu baik, mau mengantarkan semua teman cewe'nya. Ya boleh deh, kita terus terang aja, daripada saling sindir atau berantem.

2.     Be Yourself

Jadi diri sendiri, paling baik. ngga' perlu mengubah diri kita menjadi orang lain. Misalnya, kita biasa mengenakan baju casual, jangan lantas berubah pake tank top, rok mini, hanya karena doi.

3.     Tulus

Bila kamu mencintai dia, ya tulus aja. Jangan berharap dia akan membalas dengan jumlah sama. Bila sudah menolong dia, misalnya, jangan diungkit-ungkit atau jadi perhitungan

 

 

4.     Terbuka

Ngga' perlu bohong, soal teman-teman kamu. Terbuka aja, selama ini kita deket dengan siapa dan biasa menghabiskan waktu dimana. Selain doi jadi ngga was-was, kamu juga enak, ngga' perlu sembunyi-sembunyi.

5.     Kata "Maaf"

Maaf memang ada batasnya. Namun, ngga' ada salahnya juga kamu selalu siapkan kata maaf. Namanya juga manusia. Pasti ada salah dan ngga' sempurna. Kita sendiri kan ngga' perfect.

6.     Kejutan

Jangan segan kita memberi kejutan buat sidia. Misalnya, kita buatkan makanan kesukaannya atau bawakan sekotak coklat. Mmmmm ... doi pasti tambah care sama kamu.

7.     Care


Perhatian ! Pasti.Nngga' perlu mengorbankan rupiah, tapi perhatian sekecil apapun berguna banget. Misalnya, doi sakit. Cek deh, sudah makan apa belum. Atau tengok sebentar saja, bagaimana dengan pelajaran dia yang tertinggal.

8.     Dekat Keluarga


Awas ! Pacaran dengan doi, berarti kita juga wajib dekat dengan keluarganya. Minimal, kamu kenal dengan mereka. Sehingga, jika ada apa-apa, komunikasinya mudah. Kamu pun bisa mendapat dukungan dari mereka lho.

9.     Ngga' Posesif

Memang sih, ngga' enak kalo' ngeliat doi kita akrab dengan banyak orang. Tapi ngga' perlu posesif, kamu selalu memantau dia ada dimana, bersama siapa, dan lagi ngapain. Wah, lama-lama bete juga lho, diawasi seperti pesakitan !

10.     Hargai Privacy

Meskipun kita dan doi terbuka, ngga' semua hal bisa dibicarakan berdua. Hargai juga privacy dia. Apa yang perlu kita ketahui dan apa yang sebaiknya jangan kita campuri.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BUAT PRIA JATUH CINTA
PADA DIRIMU


Tak perlu punya body bak Cindy Crawford dan dandan abis untuk bikin cowo' jatuh hati. soalnya, cewek 'biasa' pun bisa menarik perhatiannya. Check it dan praktekkan segera !

bohong besar kalo' cowok ga' bakalan noleh saat ngeliat cewek pakai baju super transparan. Tapi, ini bukan berarti mereka langsung tertarik pada yang tampak dimata ! Catat : Kecantikan dan bentuk tubuh bukan jaminan cowok bakalan jatuh cinta kekamu ! So' sebenarnya apa sich yang ada dalam pikiran cowok tentang cewek ? Cowo' hanya tertarik pada cewe' yang benar-benar 'asyik' cowo' seneng ama cewe' yang bisa bergaul dengan temen-temen cowo'nya. dia ga' harus cantik, tapi tahu penampilan proporsional. Kedengarannya memang gampang, tapi ternyata cowo' masih mematok beberapa 'ketentuan' lain yang perlu dipenuhi. Kamu mo' tau banyak bagaimana type cewe' idaman para cowo' ? Bonne Chance, Chere Amies ( Met' berjuang frenz ! )

Bisa dideketin

Saat cowo' datang ke sebuah pesta atau cafe, biasanya mereka langsung melakukan 'scanning'. Mengamati keadaan sekitar, terutama cewe' yang ada disana. Mmereka senang melihat cewe' yang banyak senyum, tertawa lepas dan menikmati suasana. Semakin kamu terlihat santai, cowo' makin ngerasa 'comfy' mengajak ngobrol. Sebaliknya cowo' bakalan malas menghampiri cewe' yang menggerombol dan bikin kelompok tersendiri.

Tips buat kamu ;
Saat berkumpul bersama gank di sebuah restoran atau cafe, perhatikan suasana keliling. Jangan terlihat terlalu tertutup dan sukar didekati. Ingat pengakuan cowo' yang ini : Mereka senang jika ada cewe' yang ngajak kenalan. Buka percakapan dengan topik ringan. Tanyakan dengan gaya yang wajar, asal tau saja, cowo' juga senang menambah teman.

 



Jangan Terlalu Mengekang

Cowo' memang selalu punya kesan cuek ! dan tak peduli lingkungan. Ambil aja contoh : cowo' terkenal tukang kentut sembarangan. Memori mereka juga tak mampu mengingat hari ulang tahun atau tanggal jadian. Belum lagi terkadang mereka kurang sensitif. Meski begitu, dia berharap kamu bisa memakluminya. 

Tips buat kamu ;

Ternyata jadi cewek pemaaf itu perlu ! Soalnya cowo' memang ditakdirkan jadi mahluk bebas. Jadi, ada baiknya kamu terlalu mengekang dan membatasi gerak dan kebiasaan mereka. Asal, ingat-ingat saja, jangan sampai kelewat batas.

Jangan dandan berlebihan

Secara blak-blakan, cowo' ngaku, hal pertama yang mereka lakukan saat ngajak cewe' kenalan adalah mengamati tingkah laku dan penampilannya. Cowo' paling ga' seneng saat kencan dengan cewek' yang setiap sepuluh menit memeriksa make-up nya. Jika seorang cewe' ngerasa nyaman tanpa make-up berlebihan, artinya ia merasa bahagia dengan dirinya sendiri.


 

Tips buat kamu ;

Kamu emank berhak tampil cantik dan menarik. Tapi tak perlu berlebihan bukan ? Sesekali, coba bersikap cuek dan tak panik saat riasan memudar. Jangan buat cowo' menganggap wanita hanya peduli soal penampilan saja. Bagi mereka cewe' berpenampilan natural terlihat lebih mudah didekati.

Jangan terlalu menyusahkan

Kalo' selama ini kamu gemar main tarir-ulur, pertimbangkan lagi masak-masak ! Mempersulit proses perkenalan membuat cowo' ogah melirik anda. Katanya hal ini menunjukkan kalo' kamu ga' berminat diajak berteman. Belum tentu juga cowo' tersebut suka ama kamu.

Tips buat kamu ;

Dari banyak pengalaman, cowo' lebih suka ama cewe' yang gampang diajak kenalan. Kalo' kamu terlalu menyusahkan, cowo' bisa lelah meladeni.

 

 


Punya Rasa Humor

Selain seneng dengan cewe' yang dandan sederhana, cowo' juga seneng ama cewe' berselera humor tinggi. Alasannya simple aza, kalo' kamu bisa diajak tertawa besama, berarti kamu mudah didekati. Biasanya saat cowo' lagi sendiri, ia iseng memperhatikan seorang cewe' dari penampilannya, dia kelihatan smart, makanya cowo' tertarik berkenalan. Agar suasana tak kaku biasanya cowo' suka melemparkan beberapa joke dan apabila si cewe' bisa menanggapi dgn joke yang lebih lucu, cowo' akan lebih menikmati obrolan dengan kamu.

Tips buat kamu ;

Mulai sekarang, latih kemampuan anda berhumor. Kalo' ada ada seorang cowo' pengolok, jangan langsung cemberut dan diambil hati. Sambut saja dengan bercanda yang sama gilanya ! Satu lagi, kalo' si dia mengagumi penampilan kamu, jangan tanggapi terlalu serius. Lebih bagus begitu daripada kamu ge-er tak karuan. Tanggapi dengan bercanda juga, si dia justru makin tertaik sama kamu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                                                             

 

 

CERPEN

Selamat Jalan Kekasih ...


Andi ... Sudah menjalin hubungan kekasih selama dua tahun lamanya dengan Lily. Mereka berniat untuk meresmikannya awal tahun ini. Sayang, rencana itu harus gagal karena Tuhan keburu memanggil-Nya. Andi meninggal karena kecelakaan motor. Kejadiannya persis di malam minggu, saat dia hendak pergi ke rumah Lily. Biasanya, jam tujuh malam dia sudah nongol. Tapi tunggu punya tunggu, Andi belum juga datang.

Lily mulai gelisah, dia mencoba menghubungi Handphonenya, tapi tidak aktif. Sayang Andi tidak punya nomor telepon rumah. Maklum, di Surabaya ini dia anak kost. Sampai jam 10 malam Andi belum juga datang. Lily memutuskan untuk tidak menunggunya lagi. Sambil menahan kesal, dia mencoba untuk tidur. Tapi matanya sulit untuk terpejam. Dia bertanya-tanya dalam hati, Dimanakah Andi berada ?

Dia berniat menanyakan hal itu esok harinya di kampus. " Kalau dia berani selingkuh, Awas yach ! " begitulah kira-kira yang terbesit dibenaknya. Tapi anehnya, rasa was-was makin merajai benaknya. Hingga dia dikejutkan oleh dentang jam dinding yang menujukkan angka 12. " Akh ... aku masih belum bisa tidur "  ucapnya.

Kegelisahannya semakin memuncak. Tiba-tiba Lily merasa haus, kemudian dia keluar kamar dan menuju ruang makan. Dia membuka kulkas dan mengambil sebotol air dingin. Dan saat ia hendak kembali ke kamar, langkahnya mendadak sangat berat, udara dingin menghempas. " Idih, ada apa ini ? kok ngga' biasanya seperti ini " Batinnya.

Entah mengapa, matanya mengarah ke ruang tamu, dan tiba-tiba saja dia melangkah dengan ringan seperti ada yang menggerakkannya. Lily sempat heran, buat apa dia menuju ke ruang tamu ? Di teras rumah, sekilas dia melihat sesosok bayangan hitam. Jantungnya berdetak. " Waduh ... Siapa itu diluar ? jangan-jangan pencuri " Pikirnya.

Ingin rasanya ia berteriak memanggil orang tua, adik atau siapa saja yang ada dirumah. Tapi suaranya tercekat ditenggorokan. Tanpa ia sadari, ia makin mendekati pintu. Disibakkannya tirai jendela sedikit, Betapa terkejutnya dia saat melihat Andi berdiri disana.

Hatinya lega bercampur bingung. Kenapa dia baru datang selarut ini ? Pelan-pelan ia membuka pintu. Andi menyunggingkan senyumnya saat Lily sudah berada dihadapannya.

" Andi ... Kok baru datang sekarang ? " 
" Sorry, tadi aku ada urusan mendadak, " Jelasnya
" Wajahmu pucat, tanganmu juga dingin. Kau baik-baik saja Andi ? "
" Aku sangat baik-baik saja. Belum pernah kurasakan sebaik ini. Aku Minta Maaf sudah terlambat datang. Tapi aku ngga' bisa lama-lama, waktuku cuma sebentar, "
" Tapi Andi, kau belum menceritakan urusan mendadak apa yang tadi kau kerjakan, "
" Besok juga kau akan tahu. Aku cuma ingin memberitahumu, aku tak bermaksud datang terlambat. Aku sangat mencintaimu Lily. Kau harus percaya itu,"

Lily merasa heran dengan ucapannya. Tapi belum sempat ia kemukakan keheranannya, Andi mengambil pamit pulang. " Aku Pulang, Jaga dirimu baik-baik, Aku ingin kau bahagia " Katanya sambil mencium kening Lily. Lalu dia pergi dan Lily mencoba untuk memanggilnya, tapi Andi terus melangkah pergi.

Sungguh, malam itu Lily sangat merasa ada yang aneh pada diri Andi. Senyumnya, Sorot matanya, semua terasa dingin. Lily juga baru menyadari kalu Andi tidak membawa motor.

Esoknya, Lily baru tahu bahwa Andi mengalami kecelakaan. Saat itu ia dihubungi oleh temannya dari kampus untuk segera ke Rumah Sakit. Lily hampir tak percaya mendengarnya. Menurut keterangan petugas di rumah sakit, Andi dibawa ke Rumah Sakit sekitar Jam 8 malam dalam keadaan sudah tak bernyawa. Motornya hancur berantakan. Lily begidik ketakutan.

Dengan ditemani seorang teman, ia bergegas ke kamar jenazah. dia membuka kain penutup tubuh Andi. Tampak wajah kekasihnya yang pucat pasi. Bibirnya membiru. " Akh ... tak sanggup aku melihatnya lebih lama lagi " Ucapnya sambil menangis. Yang jelas, pakaian yang dikenakannya adalah sama ketika ia datang jam 12 malam kerumah lily. " Apakah benar-benar arwahnya yang datang ... ? " pikirnya dalam hati

Sampai detik ini Lily belum bisa melupakan kejadian itu, Sosok Andi masih menempati ruang khusus didalam hatinya. Selamat Jalan Kekasihku ...



    
Sebuah Pena ... ...
     Yang dulu untaikan sketsa cinta atau lara ... ... 
     ia habis tintanya, tak lagi bisa ia goreskan tangis, 
     ia pun beku saat terharu ... ... 
     ia tak bisa berikan jawaban saat kubertanya ... ... 
     ia tak besarkan lagi hatiku dengan harapan ... ... 
     ia mengering ... ... terbaring, 
     tak pernah lagi hiraukan dawaiku yang mendenting bening ... ... 

ARTI ZODIAK

CAPRICORN ( 22 Des ~ 20 Jan )

Cowo’ atau cewe’ yang ada dibawah rasi ini dipengaruhi oleh peredaran planet Uranus. Kecenderungannya, kamu punya pede gede, punya prinsip dan kemauan keras, namun tenang menghanyutkan. Asyiknya kamu termasuk orang yang suka bekerja keras, ngga’ mudah terbujuk rayuan, dan selalu teliti untuk urusan sepele sekalipun, apalagi yang menyangkut diri kamu sendiri. Kamu juga pantas diacungin jempol, karena kamu ngga’ main-main bila menyangkut tugas-tugas kuliah atau karier. Bahkan kamu punya skala prioritas sendiri. Jika ada tugas dari dosen di campus, karier baru atau tawaran menarik, kamu akan menyelesaikannya dengan standar tinggi. Positifnya, meski pekerja keras dan sedikit perfeksionis, kamu masih mau mendengarkan pendapat dari orang lain, ngga’ mudah patah semangat jika dikritik, rela membantu teman dan terbuka untuk setiap krtitikan. Jika ada beberapa alternatif pekerjaan, kamu bisa menyelesaikan semuanya sekaligus, karena kamu pandai mengatur waktu dengan disiplin tinggi. Kelemahannya, kamu ngga’ mudah menjalin cinta dengan orang yang dekat denganmu. Butuh waktu yang lama, karena dalam skala prioritasmu yang terpenting adalah pekerjaan dan keluarga. Bila sudah cocok dengan seseorang, kamu bisa loyal banget sama dia. Namun, jika masuk dalam lingkungan baru, kamu cenderung adem ayem aja. Bagimu, ngga’ ada untungnya buang energi, ngomong kesana-sini, namun basa-basi aza. Urusan cinta, kamu bisa deket dengan orang periang, buat membangkitkan selera humormu. Buat yang belum kenal, mereka menilai kamu type pekerja yang kaku. Namun, sebenarnya, dibalik itu, kamu juga humoris jika menemukan pasangan tepat. Sabar, tahun 2004 ada perkembangan baru untuk urusan cinta.

AQUARIUS ( 21 Jan ~ 19 Feb )

Asyik banget deket ama cewe’ atau cowo’ yang dipengaruhi oleh planet Neptunus ini. Selain orangnya sabar, sensitive, ngga’ suka menyakiiti perasaan orang, kamu juga periang. Kamu gampang masuk dalam lingkungan manapun, karena terbuka. Namun, ngga’ tertutup kemungkinan, kamu juga punya salah. Jika terbukti ada yang salah, kamu ngga’ segan mengakui kesahanmu, sehingga teman-teman di dekat kamu hormat. Ngga’ sekedar asyik buat gaul, kamu juga teman yang bisa diandalkan. Meski sedikit peragu, karena kamu termasuk orang yang sensitive, pemilik bintang ini juga ngga’ mau menghakimi orang lain, jika belum ada bukti jelas. Soal berpikir logis, bintang ini jagonya. Mandiri banget, ngga’ mau bergantung sama orang lain, jujur dan apa adanya. Selain gampang beradaptasi, bintang ini juga mudah masuk dalam strata apa aja. Namun jangan salah, Aquarius juga pemarah, jika kamu masuki wilayah pribadinya. Negatifnya, kamu mudah tersulut jika urusan pribadimu diketahui orang. Kamu juga suka memuji diri sendiri, meskipun kamu menerima siapa aja sebagai teman kamu. Urusan cinta, kamu mesti hati-hati. Jangan anggap semua orang mau didikte dan sempurna, seperti bayangan kamu. Asyik buat temen, bukan berarti asyik buat pacar. Selektif dech, karena tahun 2004, kamu ngga’ bisa coba-coba lagi. Ada yang sudah serius tuch.

PISCES ( 20 Feb ~ 20 Mar )

Kalau kamu bintangnya bergambar ikan ini, cenderung diam, pemalu, ngga’ banyak bicara, namun kamu menilai setiap hal yang kamu lihat dan menyimpannya dalam hati. Ntar, kalo’ ada apa-apa, Bisa meledak seperti bom waktu. Serem ya. So, jangan coba-coba buat seorang pisces sakit hati. Dia ngga’ nyubit kok, diam aja dan menerima. Jika sudah menumpuk, baru dech keluar taringnya, ….. ngamuk berat !! Seorang pisces pasti ngga’ suka jika dirinya buat bahan perbandingan. Jika dia mengerjakan sesuatu, ngga’ perlu dinilai bagus atau jelek. Kamu yang berbintang ini fine-fine aja kok. Karena semua tugas kamu selesaikan dengan teliti, diam dan tuntas. Kamu juga ogah ngegosip, apalagi kalo’ piscesnya cowo’, cenderung diam, ngga’ banyak omong. Kamu lebih suka memakai logika dan realita, daripada menduga-duga hal yang ngga’ pasti. Asyik diajak kemana aja, mau susah atau senang, santai aja. Pisces ngga’ suka menuntut fasilitas atau kebendaan, dia suka menerima tantangan apa aja dan kalem banget. Diam memang salah satu karakter kuat dalam pisces. Biarpun stres menghadapi cobaan, dia ngga’ akan menunjukkan pada orang lain. Dia akan mencoba menyelesaikannya sendiri dan pantang menyerah. Cocoknya pisces dekat dengan orang-orang yang suka musik, seni dan sastra. Seorang pisces juga lebih mementingkan inner beauty atau kesamaan berpikir daripada fisik. Jadi kamu cocok dengan cewe’ atau cowo’ yang ngga’ banyak gaya tapi smart. Kamu punya indera penciuman tajam, buat urusan hati. Jadi ngga’ perlu panik, kamu masih punya waktu buat mencari your true love kok. Jangan khawatir memulai hal-hal baru, ngga’ semua orang punya sisi negatif lho.

ARIES ( 21 Mar ~ 20 Apr )

Pas banget deh. Bila kamu aries, kamu akan dipengaruhi oleh panasnya planet Mars dan garangnya domba yang bertanduk. Semangatmu ’45, alias seperti baterai yang punya energi extra. Kamu punya kemauan keras, pekerja keras dan ambisimu gede. Apapun kamu coba. Meski orang disekelilingmu ragu, kamu ngga’ segan maju duluan. Masalah ‘ntar runyam, urusan belakangan. Asal kamu sudah mencobanya duluan. Semangatmu tinggi, ngga mudah menundukkan kamu, apalagi mengekang kebebasan kamu yang punya bakat memimpin. Keberanian kamu menghadapi masalah, membuat aries memiliki kemampuan mengarahkan banyak orang. Selain itu juga disegani karena keuletannya. Cenderung objektif, ngga’ suka basa-basi dan kadang malah terlalu blak-blakan. Orang yang ngga’ kenal bakal deket sebelumnya, pasti kaget melihat keterus terangan kamu. Namun positifnya, kamu ngga’ suka memendam kekesalan, kamu cenderung langsung pada sasaran. Negatifnya, karena terlalu semangat, kadang kamu cenderung otoriter, pengen orang lain selalu mendengarkan kamu. Setiap nasehat kamu, pasti orang lain ikuti. Padahal beda pendapat, kan sah-sah aja. Selain sedikit arogan, seorang Aries juga ogah dicampuri urusan pribadinya. Bila kamu ada di bawah naungan rasi bintang ini, kamu lebih suka menyimpan luka hatimu sendirian, daripada kamu beberin ke banyak orang. Soal cinta, kamu bisa deket dengan siapa aja, terbuka dan sangat friendly, tapi awas ya … kamu jangan coba-coba pedekate dengan cowo’ atau cewe’ yang sama kerasnya dengan kamu. Pasti bakal ribut terus, apalagi sama orang yang perfeksionis. Karena kamu juga ngga’ suka didikte.

TAURUS ( 21 Apr ~ 21 Mei )

Cowo’ yang berada di bawah pengaruh Venus, punya zodiak Taurus. Pengaruhnya, kamu punya sifat yang teguh pada pendirian., cuek sama pendapat orang lain, ngga’ mudah diterpa gosip, apalagi hasutan negatif. Kamu lebih suka mendengarkan orang-orang yang patut dipercaya, cinta damai dan peka terhadap lingkungan. Kamu mudah tersentuh melihat penderitaan orang lain, sehingga kamu sering menjadi panutan orang-orang yang ada disekitarmu. Mereka mau menjadi pendengar yang baik, karena kamu tidak suka mencari perselisihan, pandai memecahkan masalah dan paling suka mencari jalan damai. Selera senimu tinggi, suka musik dan makanan enak. Bakatmu kelihatan jelas bila berhubungan dengan dunia seni. Namun kamu juga punya peluang menjadi ilmuwan atau bekerja di bagian teknik. Masalahnya, karena bakat tertentu kamu, lingkunganmu jadi itu-itu saja. Apalagi kamu suka semua hal yang praktis. Kamu bete bila dikaitkan dengan teori-teori saja. Sisi negatifnya, kamu mengagungkan materi. Kamu sangat teliti sekali menjaga semua benda milik kamu, bahkan kalo’ perlu berusaha menambah simpanan kamu. Karenanya, kamu bisa tiba-tiba berubah sangat kaku dan ngga’ luwes bila berkaitan dengan ‘hitungan’ itu. Karena sifat lembut kamu, cinta damai dan ngga’ suka terlalu ribet, kamu lebih cocok berhubungan dengan orang yang tegas dan bisa mengarahkan kamu. Pasangan yang dominan, bisa memimpin, tepat buat kamu, agar sifat kepemilikanmu tertutup oleh sifat positifmu yang lain. Tahun 2003, memang sedikit bergelombang. Tahun 2004, ada cinta sesaat yang bisa merubah kebiasaan buruk kamu.

GEMINI ( 22 Mei ~ 21 Jun )

Aduh … orang Gemini, yang dipengaruhi planet Merqurius, moody banget. Sesuai gambarnya yang kembar, kamu punya kepribadian mendua. Kadang malah saling bertentangan. Saat ini bisa saja kamu jadi orang periang, terbuka sama siapa aja, bahkan menyanyi sepanjang hari. Namun esok, jika mood-mu jelek, kamu bisa tiba-tiba jadi orang yang ngebetin sedunia. Bayangin ?! Kadang, kamu malah suka ngambek, ngga’ keruan. Bila ada yang menyakiti hatimu, kamu bisa diam seharian dan malas mengerjakan apapun yang berkaitan dengan orang itu. Kecenderungannya, kamu jadi seperti anak kecil yang minta diarahkan dan diperhatiin. Kamu juga ngga suka rutinitas, kamu mudah bosan dan akhirnya mencoba sesuatu yang baru. Meski orang belum mengawalinya, kamu sudah maju duluan. Masalahnya, hal itu bikin kamu ngga’ konsisten. Ingin serius terhadap satu hal, tapi hati juga mikirin hal yang lain. Kelebihannya, kamu sangat murah hati, mudah tersentuh dengan masalah orang lain. Jika ada waktu, tenaga atau materi, kamu pasti ngga’ segan menolong. Kamu juga termasuk orang yang cerdas, ringan tangan, selalu punya gagasan, namun sulitnya saat diminta mengambil keputusan. Ide-idemu banyak, semua hal ingin rasanya kamu kerjakan, tapi akhirnya terbentur pas mengambil keputusan. Pasangan cocok buat kamu adalah cowo’ atau cewe’ yang bisa mengayomi, membimbing dan ngertiin, jangan berpasangan dengan orang yang punya karakter kuat. Tunggu pertengahan tahun 2004, ada kejutan yang ngga’ pernah kamu bayangkan sebelumnya.

 

CANCER ( 22 Jun ~ 22 Jul )

Bila kamu ngaku di bawah rasi bintang yang simbolnya kepiting ini, kamu boleh berhati-hati dalam urusan relationship. Masalahnya kamu termasuk orang yang mudah meledak-ledak. Namun sebaliknya, kamu sangat care dengan orang-orang yang kamu sayangi, bahkan akan membela mereka mati-matian jika ada yang minta bantuanmu. Positifnya, kamu suka melindungi orang-orang yang kamu sayang, bikin sekelilingnya mudah jatuh hati alias bersimpati padamu. Ngga’ hanya itu, kamu juga suka berkhayal. Sebenarnya boleh saja kamu berangan-angan setinggi langit, asal tujuannya positif. Yaitu, bisa mendongkrak semangat belajarmu, jangan sebaliknya. Gayamu meyakinkan, bila menghadapi lingkungan baru. Kamu mudah menyesuaikan diri tampil di depan umum, bahkan membuat lawan jenismu jatuh hati. Tapi awas ya, meskipun gampang meruntuhkan hati orang, kamu sendiri bukan type romantis. Selain itu, kamu royal dan setia banget sama pasangan kamu. Jatuh cinta pada cowo’ atau cewe’ yang seide, sama-sama suka seni dan kreatif, pas buat kamu. Apalagi dengan orang yang bisa dipegang taguh omongannya. Soalnya, jika kamu dikibulin, wah gawat. Bisa ngamuk berat dech. Tahun 2004, penuh tantangan dan jebakan. Bila salah memilih, kamu bakal menyesal berkepanjangan. So, sebaiknya teliti sebelum kamu benar-benar terpikat pada satu hati.

LEO ( 23 Jul ~ 22 Aug )

Cowo’ atau cewe’ berasi Leo, type orang perfeksionis. Bila mengerjakan sesuatu, harus terlihat sempurna, rapi dan bagus, termasuk bila melihat orang lain bekerja. Ngga’ ada istilah capek dalam kamusmu. Kamu kreatif, spontan dan cenderung ekstrover, sehingga banyak orang mudah terpukau pada kesan pertama.Kamu tahu benar mencari jalan keluar, bila ada masalah. Ibarat kamus, kamu pencari solusi jitu. Cepat bereaksi dan kreatif. Hebat khan ! kamu juga memiliki karakter kuat, tahan banting, pandai, punya kharisma dan religius. Kamu ngga’ suka spekulasi yang ngga’ jelas, namun berani menerima tantangan dan segala hal yang membutuhkan ketajaman berpikir.Jalan dengan leo, harus siap dikontrol. Karena itu, kamu lebih pas dengan orang yang suka mengalah, seperti Pisces atau Aquarius. Gayamu yang bossy, karena dibawah pengaruh matahari, bisa mereka toleransi. Jangan khawatir, buat yang masih ngejomblo, ada harapan.

VIRGO ( 23 Aug ~ 23 Sep )

Aduh ! asyik bener nih, bila kamu ada di bawah pengaruh planet Merqury dan  berbintang Virgo, kamu cenderung modis alias suka memperhatikan penampilan, realistis, praktis, peka terhadap setiap hal sekecil apapun, rajin, sangat bertanggung jawab dan suka manganalisa suatu kejadian.Bila mengerjakan suatu pekerjaan atau peer, kamu selalu mau hasilnya sempurna. Mulai dari cara penulisannya, kertas dan alat tulis, sampai hasil akhirnya. Harus bersih, rapi dan benar. Mmm … boleh juga tuh !Seorang Virgo juga sangat teliti dan hati-hati, dia ngga’ mudah dikibuli, apalagi percaya begitu aja terhadap suatu hal. Bila ada masalah, kamu akan langsung menyelesaikannya saat itu juga. Ngga’ mau menunda-nunda masalah. Bila ada cita-cita, kamu juga ingin cepat jadi. Sisi negatifnya, Virgo punya rasa khawatir berlebihan dan konservatif. Bila kamu jadi pacar Virgo, pasti kamu akan menganggap dia bawel banget.Pasangan cocok buat Virgo adalah cowo’ atau cewe’ yang rapi, modis dan suka kebersihan, kerapihan dan semua hal yang teratur. Ngga’ seenaknya sendiri. Asyiknya, punya pasangan Virgo akan aman, karena dia sangat care dengan pasangannya. Meski Virgo ngga’ suka menunjukkannya langsung. Sedikit kaku memang, tapi kan cintanya meletup-letup didalam. Jangan kaget bila tahun 2003 berakhir, sesuatu yang kamu tunggu sekian lama akan terjawab.

LIBRA ( 24 Sep ~ 23 Oct )

Libra, yang di bawah pengaruh Venus, termasuk type orang yang romantis, charming, easy going alias mudah bergaul dan sosialisasi, serta cinta damai. Kamu ngga’ suka membuka konflik. Bila ada masalah, langsung dipakai jalan damai duluan. Jatuh cinta, buat kamu hal biasa dan wajar. So, kamu ngga’ terlalu pusing bila deket dengan seseorang, karena kamu menganggap semuanya teman baik. Bicara soal pekerjaan, kamu juga sangat loyal dan  bertanggung jawab.Masalahnya, kebaikan kamu sering disalahgunakan orang. Sehingga banyak menderita kerugian. Meski begitu, kamu ngga’ kapok buat baik hati lagi pada sesama. Friendly, memang itu karakter khas kamu. Temen-temen sangat nyaman bila berada deket kamu. Ketika mereka menemui masalah, mereka akan lari kekamu, buat mendapatkan solusinya.Tahun ini kehidupan cintamu datar-datar aja. Ngga’ ada konflik berkepanjangan. Namun awal tahun 2004, ada sedikit kelokan yang membuat hatimu berliku-liku. Waspada kuncinya. Jangan sampai kebaikan kamu disalahgunakan lagi. Cinta bisa membuat kamu terlena sejenak. Gapapa’ syukuri aja, asal jangan lupa ! tugas utama tetap nomor satu. Jaga juga hati si dia. Jangan terlalu akrab dengan banyak pilihan.

SCORPIO ( 24 Oct ~ 22 Nov )

Kamu yang dipengaruhi rasi bintang ini memiliki karakter kuat, dibanding bintang yang lain. Kamu mudah menyembunyikan emosimu dan ngga’ mudah mengaduh ketika menemui musuh. Ketenangan kamu membuat orang lain sulit menebak apa sebenarnya isi hatimu.Sebaliknya, kamu juga ngga’ suka masalah pribadimu di ulik orang. Kamu akan sangat tertutup dan menjaga diri baik-baik, bila melihat situasi ngga’ menguntungkan ini. Positifnya, kamu juga ngga’ suka mengganggu privacy orang lain, sekalipun dia pacar kamu sendiri. Kamu beranggapan, dirimu ngga’ mau diganggu, so … kamupun ngga’ ambil pusing dengan masalah pribadi orang lain.Pengaruh planet Pluto, membuat kamu memiliki daya tarik tersendiri. Masalahnya, kamu juga gampang cemburu jika pasangan kamu bergaul akrab dengan banyak kawan, biasanya kamu bisa langsung bete. So, kamu cocok dengan cowo’ atau cewe’ yang energik, suka hal-hal baru dan menerima tantangan. Namun, jangan yang keras hati, karena kamu dan doi akan sama-sama sulit menyatukan pendapat.Tahun 2003 akan berlanjut ke tahun 2004. Cintamu ngga’ akan lari di kejar, istilahnya doi selama ini ngga’ kemana-mana kok. Kalem aja. Kamu hanya perlu mengendorkan urat saraf, jangan terlalu emosian dan jaga perasaan doi. Terlalu posesif juga ngga’ baik loh.

 

SAGITARIUS ( 23 Nov ~ 21 Nov )

Kamu memandang hidup ini positif, selalu optimistis, so’ travelling dan mencoba hal baru itu jadi salah satu hobimu. Kamu enjoy aja menjalani hidup, ngga’ mudah menyerah melihat medan yang sulit. Kadang, kamu kabur ke kota lain, sendiri. Buat refreshing dan menghabiskan waktu.Kamu terbuka menerima berbagai perbedaan, dan kamu sadar banget bahwa ide-idemu ngga’ selalu diterima. Kadang kerikil tajam justru membuat kamu merasa tertantang. Sedikit kegagalan, no problem. Asal kamu lakukan semuanya dengan senang hati.Sisi positifnya, kamu selalu pasrah diri pada sang pencipta. So, semua hal kamu lakukan berdasarkan pertimbangan moral, juga etika yang berlaku. Kamu pandai mengontrol diri kamu sendiri, bisa dipercaya, emosimu stabil.Meski kamu ngga’ suka jika ada pengkhianat dalam hubungan pertemanan, kamu tetap mempunyai hati buat memaafkan mereka yang sudah menyakiti hatimu. Kamu juga konsisten. Bila kamu berkata tidak, di belakang teman atau pacarmu pun kamu berkata tidak.Soal pacar, kamu lebih cocok dengan orang-orang yang suka tantangan, keras dan berprinsif. Kamu ngga’ segan debat dengan pacar yang memiliki sifat keras. Sabar ya … tahun 2004 akan ada perubahan, bila selama ini kamu masih bertanya-tanya. Selamat

 

 

 

 

 

MUTiARA KATA

 



Ketika satu pintu kebahagiaan tertutup, pintu yang lain dibukakan.
 Tetapi sering kali kita terpaku terlalu lama pada pintu yang tertutup sehingga tidak melihat pintu lain yang dibukakan bagi kita.

Seseorang manusia harus cukup rendah hati untuk mengakui kesilapannya ,cukup bijak untuk mengambil manfaat daripada kegagalannya dan cukup berani untuk membetulkan kesilapannya

Dalam hidup,terkadang kita lebih banyak mendapatkan apa yang tidak kita inginkan. Dan ketika kita mendapatkan apa yang kita inginkan, akhirnya kita tahu bahawa yang kita inginkan terkadang tidak dapat membuat hidup kita menjadi lebih bahagia.

Jadikan dirimu bagai pohon yang rendang di mana insan dapat berteduh.
Jangan seperti pohon kering tempat sang pungguk melepas rindu dan hanya layak dibuat kayu api.

Bermimpilah tentang apa yang ingin kamu impikan, pergilah ke tempat-tempat kamu ingin pergi.
 Jadilah seperti yang kamu inginkan, kerna kamu hanya memiliki satu kehidupan dan satu kesempatan untuk melakukan hal-hal yang ingin kamu lakukan.

Masa depan yang cerah berdasarkan pada masa lalu yang telah dilupakan. Kamu tidak dapat melangkah dengan baik dalam kehidupan kamu sampai kamu melupakan kegagalan kamu dan rasa sakit hati.

Doa memberikan kekuatan pada orang yang lemah, membuat orang tidak percaya menjadi percaya dan memberikan keberanian pada orang yang ketakutan  

Janganlah berputus asa. Tetapi kalau anda sampai berada dalam keadaan putus asa, berjuanglah terus meskipun dalam keadaan putus asa.

Dunia ini umpama lautan yg luas. Kita adalah kapal yg belayar dilautan telah ramai kapal karam didalamnya..andai muatan kita adalah iman,dan layarnya takwa,nescaya kita akan selamat dari tersesat di lautan hidup ini.

Dalam masyarakat manusia ada binatang jalang tetapi dalam masyarakat binatang tidak ada satu pun manusia jalang -Aristotle

Sahabat sejati adalah mereka yang sanggup berada disisimu ketika kamu memerlukan sokongan walaupun saat itu mereka sepatutnya berada di tempat lain yang lebih menyeronokkan.

Hati yang terluka umpama besi bengkok walau diketuk sukar kembali kepada bentuk asalnya.

Setitik dakwat mampu membuat sejuta manusia berfikir tentangnya. 

Waktu kamu lahir, kamu menangis dan orang-orang di sekelilingmu tersenyum.
Jalanilah hidupmu sehingga pada waktu kamu meninggal, kamu tersenyum dan orang-orang di sekelilingmu menangis.

Tanda-tanda orang yang budiman ialah dia akan berasa gembira jika dapat berbuat kebaikan kepada orang lain, dan dia akan berasa malu jika menerima kebaikan daripada orang lain.

Semulia-mulia manusia ialah orang yang mempunyai adab yang merendah diri ketika berkedudukan tinggi, memaaf ketika berdaya membalas dan bersikap adil ketika kuat -Khalifah Abdul Malik Marwan

Supaya engkau beroleh sahabat, hendaklah diri engkau sendiri sanggup menyempurnakan menjadi sahabat orang -Hamka 
 
Sebaik-baik manusia ialah yang diharapkan kebaikannya dan terlindung dari kejahatannya.

 Hiduplah seperti lilin menerangi orang lain, janganlah hidup seperti duri mencucuk diri dan menyakiti orang lain

Fikirkan tentang dirimu. Jika satu bangsa telah mula berfikir, tidak ada satu kekuatan pun yang boleh menghentikannya -Voltaire

Semoga kamu mendapat cukup kebahagiaan untuk membuat kamu bahagia, cukup
cubaan untuk membuat kamu kuat, cukup penderitaan untuk membuat kamu menjadi
manusia yang sesungguhnya, dan cukup harapan untuk membuat kamu positif terhadap kehidupan.

Yang memimpin wanita bukan akalnya, melainkan hatinya.

Pengecut mati banyak kali sebelum kematiannya. Yang berani mati hanya sekali. 

Amat mudah untuk memadamkan api yang sedang marak, tetapi sukar untuk meredakan api kemarahan dalam diri. 

Kata-kata itu sebenarnya tidak mempunyai makna untuk menjelaskan perasaan.
Manusia boleh membentuk seribu kata-kata, seribu bahasa.
Tapi kata-kata bukan bukti unggulnya perasaan

Sahabat terbaik adalah dia yang dapat duduk berayun-ayun di beranda bersamamu, tanpa mengucapkan sepatah katapun ,
 dan kemudian kamu meninggalkannya dengan perasaan telah bercakap-cakap lama dengannya.

Lombong emas dalam diri kamu adalah fikiran kamu. Kamu dapat menggalinya sedalam-dalamnya dan sepuas-puas yang kamu inginkan -Abdullah Mansur M.H

Mahkota kemanusiaan ialah rendah hati.

Setiap jiwa yang dilahirkan telah tertanam dengan benih untuk mencapai keunggulan hidup. Tetapi benih itu tidak akan tumbuh seandainya tidak dibajai dengan keberanian

 Sahabat yang tidak jujur ibarat dapur yang berhampiran. Jikalau pun kamu tidak terkena jelaganya sudah pasti akan terkena asapnya.

Kalau kita dapat membuka dan menutup telinga dengan mudah sebagaimana membuka dan menutup mata,  
pasti kita akan terhindar dari mendengarkan banyak kebatilan.

Jika keadilan ditegakkan, keberanian tidak diperlukan lagi.

Tiada siapa yang paling pandai dan paling bodoh di dunia ini kerana setiap yang pandai itu boleh menjadi bodoh dan setiap yang bodoh itu boleh menjadi pandai

Akal itu menteri yang menasihati, Hati itu ialah raja yang menentukan,
Harta itu satu tamu yang akan berangkat,kesenangan itu satu masa yang ditinggalkan

Barangsiapa memusuhi orang yang di bawahnya, hilang kewibawaannya.

Hidup biarlah berbakti, walaupun tidak dipuji

Seorang boleh menipu seseorang sekali-sekala tetapi orang yang sama tidak boleh menipu semua orang pada masa yang sama

Keikhlasan itu umpama seekor semut hitam di atas batu yang hitam di malam yang amat kelam.  Ianya wujud tapi amat sukar dilihat.

Kamu dapat mengenal lebih banyak tentang diri seseorang itu dari adab dan pertanyaannya, bukan dari jawapan-jawapannya -Voltaire

Setiap orang dapat mencapai kejayaan dalam hal apa saja, asalkan ia sangat menyukai pekerjaan yang dilakukan.

Hari ini bila ia datang, jangan biarkan ia berlalu pergi. Esok kalau ia masih bertandang, jangan harap ia akan datang kembali

Lebih baik tidur dengan perut yang lapar daripada bangun tidur dengan banyak hutang -Anonim 

Orang cerdik yang mengenal dunia, terungkap baginya musuh yang berbaju kawan. 
 
Pengumpul harta belum tentu memanfaatkannya, dan yang memanfaatkan harta belum tentu yang mengumpulkannya.

   Sesuatu yang baik, belum tentu benar.
Sesuatu yang benar, belum tentu baik.
Sesuatu yang bagus, belum tentu berharga.
Sesuatu yang berharga/berguna, belum tentu bagus.

Jangan abaikan permintaan orang, kalau tidak mahu permintaan kamu diabaikan orang.

Agama menjadi sendi hidup, pengaruh menjadi penjaganya. Kalau tidak bersendi, runtuhlah hidup dan kalau tidak berpenjaga, binasalah hayat. Orang yang terhormat itu kehormatannya sendiri melarangnya berbuat jahat. -Pepatah Arab

Barangsiapa membawa berita tentang orang lain kepadamu, maka dia akan membawa berita tentang dirimu kepada orang lain.

Nikmat itu kadang-kadang tidak disedari, hanya apabila ia telah hilang barulah manusia benar-benar terasa

Emas diuji dengan api, wanita diuji dengan emas dan lelaki diuji dengan wanita.

Orang yang berbohong itu sentiasa ingin melarikan diri sedangkan tiada seorang pun yang mengejarnya namun orang yang benar itu berani seperti singa -Goethe

 Mengetahui sesuatu dan memahami segala sesuatu adalah lebih baik daripada mengetahui segala sesuatu, tetapi tidak memahami sesuatu.

Kawan sejati ialah orang yang mencintaimu meskipun telah mengenalmu dengan sebenar-benarnya iaitu baik dan burukmu.

Sabar adalah jalan keluar bagi orang yang tidak bisa menemukan jalan keluar.

Kepala yang tidak mempunyai fikiran sama halnya dengan sesebuah benteng yang tidak dibela -Napoleon Bonaparte

Jika dunia ini persinggahan, mengapa tidak kita banyakkan bekalan untuk meneruskan perjalanan? Kerana kita cuma ada satu persinggahan.

 Apabila bicara itu perak, diam adalah emas.

Jagalah dirimu baik-baik, usahakanlah kemuliaannya, kerana engkau dipandang manusia bukan kerana rupa tetapi kesempurnaan budi dan adab -Nabi SAW

Setiap yang kita lakukan biarlah jujur kerana kejujuran itu telalu penting dalam sebuah kehidupan. Tanpa kejujuran hidup sentiasa menjadi mainan orang.

Menghairankan sekali, orang yang mencuci wajahnya berkali-kali dalam sehari, tetapi tidak mencuci hatinya walaupun sekali setahun.

 Barangsiapa menyebarluaskan berita-berita kekejian yang didengarnya, maka dia seperti pelakunya. 
 
 Keikhlasan mempunyai kilauan dan sinar, meskipun ribuan mata tidak melihatnya. 
 
 Jangan tertarik kepada seseorang kerna parasnya, sebab keelokan paras dapat menyesatkan. Jangan pula tertarik kepada kekayaannya kerna kekayaan dapat musnah. Tertariklah kepada seseorang yang dapat membuatmu tersenyum, kerna hanya senyum yang dapat membuat hari-hari yang gelap menjadi cerah.

 Jangan memberi makanan kepada orang lain yang anda sendiri tidak suka memakannya. 

Sungguh benar bahwa kita tidak tahu apa yang kita miliki sampai kita kehilangannya,
 tetapi sungguh benar pula bahwa kita tidak tahu apa yang belum pernah kita miliki sampai kita mendapatkannya.
 
 Musibah dalam harta lebih ringan daripada musibah dalam kehormatan. 
 
 Hal yang menyedihkan dalam hidup adalah ketika bertemu seseorang yang sangat bererti 
dan mendapati pada akhirnya bahawa tidak demikian adanya dan harus melepaskannya  pergi.
 
Beritahukan kepadaku apa bacaan-bacaanmu, nescaya aku akan beritahu siapa diri kamu ini.
 
Masa depan yang cerah selalu tergantung pada masa lalu yang dilupakan.
Kita tidak dapat meneruskan hidup  dengan baik jika tidak dapat melupakan kegagalan dan sakit hati di masa lalu.
 
 Hidup tanpa pegangan ibarat buih-buih sabun. Bila-bila masa ia akan pecah.
 
 Keutamaan akal ialah hikmah kebijaksanaan, dan keutamaan hati ialah keberanian.   

 Barangsiapa yang hari ini sama dengan kelmarin, maka tertipulah dia, dan barangsiapa hari ini lebih jahat dari kelmarin, maka terkutuklah dia.

Kesempatan yang kecil seringkali merupakan permulaan daripada usaha yang besar.

Agama tidak pernah mengecewakan manusia.Tetapi manusia yang selalu mengecewakan agama.

Tidak lurus keimanan seseorang kecuali jika hatinya lurus, dan tidak lurus hati seseorang kecuali jika lurus lidahnya

Sesiapa yang tidak berfikir panjang, kesusahan telah bersedia di mukanya -Khong Hu Cu

Orang bijaksana tidak sesekali duduk meratapi kegagalannya, tapi dengan lapang hati mencari jalan bagaimana memulihkan kembali kerugian yang dideritainya.

Yang telah berlalu biarkan ia berlalu, yang mendatang hadapi dengan cemerlang.  

 Jangan menyalakan api untuk membakar musuh anda sedemikian panas, sehingga anda sendiri hangus kerananya.

Bukti akal fikiran seseorang ialah perbuatannya, dan bukti ilmunya ialah ucapannya.

Berdiam diri adalah unsur terbesar untuk membentuk perkara-perkara besar.

Pandanglah segala sesuatu dari kacamata oranglain. Apabila hal itu menyakitkan hatimu, sangat mungkin hal itu menyakitkan hari orang lain pula.

Tentang Waktu
                                                      
Ambillah waktu untuk berfikir, itu adalah sumber kekuatan.
Ambillah waktu untuk bermain, itu adalah rahsia dari masa muda yang abadi.
Ambillah waktu untuk berdoa, itu adalah sumber ketenangan.
Ambillah waktu untuk belajar, itu adalah sumber kebijaksanaan.
Ambillah waktu untuk mencintai dan dicintai, itu adalah hak istimewa yang diberikan Tuhan.
Ambillah waktu untuk bersahabat, itu adalah jalan menuju kebahagiaan.
Ambillah waktu untuk tertawa, itu adalah musik yang menggetarkan hati.
Ambillah waktu untuk memberi, itu adalah membuat hidup terasa bererti.
Ambillah waktu untuk bekerja, itu adalah nilai keberhasilan.
Ambillah waktu untuk beramal, itu adalah kunci menuju syurga.

Orang yang hebat bertindak sebelum berkata dan dia berkata selaras dengan tindakannya.

Tidak penting bagimu mengetahui harganya, tetapi penting mengetahui nilainya. 

Kehidupan ini dipenuhi dengan seribu macam kemanisan tetapi untuk mencapainya perlu seribu macam pengorbanan

Sekali anda terjatuh, jangan jatuh untuk berkali-kali

Menikmati kehidupan itu adalah lebih baik dari hanya sekadar memerhati kehidupan

Tidak ada insan suci yang tidak mempunyai masa lampau dan tidak ada insan yang berdosa yang tidak mempunyai masa depan.

Orang yang paling mampu menguasai dirinya ialah yang paling mampu menguasai rahsianya. 

 Tiap-tiap sesuatu, apabila banyak menjadi murah melainkan akal, bertambah banyak lagi berharga
 
Orang yang mengikuti emosinya, akan kehilangan adabnya.
 
Sekalipun tidak pernah menjadi kaya-raya, kita masih beruntung tidak juga papa kedana
 
Manusia tidak merancang untuk gagal, mereka gagal untuk merancang.
- William J. Siegel

Setiap bunga mawar pasti ada durinya.

Dari kesusahan itu akan diperolehi kesenangan dan kebahagiaan, seperti durian berduri kerana sedap isinya, kulit manggis pahit sebab manis di dalamnya dan bunga ros berduri kerana harum baunya

Jangan sesekali menyalahkan kesilapan diri sendiri kepada orang lain kerana orang yang tidak mengakui kelemahan diri sukar untuk berjaya.

Mungkin diam itu suatu jawapan yang baik atau mungkin pula teguran dan nasihat yang baik.

Orang-orang yang paling berbahagia tidak selalu memiliki hal-hal terbaik,
 mereka hanya berusaha menjadikan yang terbaik dari setiap hal yang hadir dalam hidupnya.

Barangsiapa menanam, dia yang akan menuai.

Jangan menghina barang yang kecil kerana jarum yang kecil itu kadang-kadang menumpahkan darah.

Fikirkan permusuhan kita akan dimusuhi, fikirkan kebencian, kita akan dibenci. Tetapi sekiranya kita fikirkan kasih maka kita akan dikasihi. Ini adalah undang-undang alam. Kita menjadi seperti apa yang kita fikirkan 

Seekor burung di tangan lebih baik daripada sepuluh ekor di atas pohon. 

Hidup ini adalah warna-warni yang terlakar pada kanvas, walaupun tidak cantik ia tetap mempunyai sejuta makna

Ada hal-hal yang sangat ingin kamu dengar tetapi tidak akan pernah kamu dengar dari orang yang kamu harapkan untuk mengatakannya.
Namun demikian, janganlah menulikan telinga untuk mendengar dari orang yang mengatakannya dengan sepenuh hati.

Jika anda mahu membuat sesuatu, anda akan cari jalan. Jika anda tidak mahu membuat sesuatu, anda akan cari alasan. - Peribahasa Arab

Membalas kebaikan dengan kejahatan adalah perangai yang serendah-rendahnya. Membalas kejahatan dengan kejahatan,bukanlah perikemanusiaan. Membalas kebaikan dengan kebaikan adalah hal biasa. Membalas kejahatan dengan kebaikan adalah cita-cita kemanusiaan yang setingginya. Kita harus sanggup hidup untuk memberi cita-cita itu bertumbuh.

Berkhianat dalam ilmu lebih jahat daripada berkhianat dalam harta.

Sebuah pedang diketahui keampuhannya sesudah memotong.  
 
 Kejayaan tidak datang kepada manusia yang leka. - Charles Cahier

Seseorang yang bijak melahirkan kata-kata selalunya disanjung sehingga ia mula bercakap kosong

Permulaan sabar adalah pahit, tetapi manis akhirnya. 

Memang amat tinggi letaknya kebahagiaan. Namun kita harus menuju ke sana. Ada orang yang berputus asa berjalan ke arahnya lantaran disangkanya jalan ke sana amat sukar. Padahal mudah, kerana ia dimulai daripada dirinya sendiri -Said Mustafa 

Setiap kali tersadung, ingatlah kita tidak mahu terjatuh lagi
 
Jadikan sebagai aturan hidup untuk melakukan yang terbaik dalam apa jua yang dilakukan, pasti akan menghasil kecemerlangan.

Sebelum memberi nasihat kepada manusia dengan ucapanmu, berilah mereka nasihat dengan perbuatanmu.

 Andai hidup punca perpisahan, biarlah mati menyambungnya semula.
Namun seandainya mati punca perpisahan, biarlah hidup ini membawa erti yang nyata.

Orang mulia menyalahkan dirinya, orang bodoh menyalahkan orang lain
 
 Kata-kata yang diucapkan sembarangan dapat mewujudkan perselisihan.
Kata-kata yang kejam dapat menghancurkan suatu kehidupan.
Kata-kata yang diucapkan pada tempatnya dapat meredakan ketegangan.
Kata-kata yang penuh cinta dapat menyembuhkan dan memberkati.

 Menyimpang seinci, rugi seribu batu. - Peribahasa Cina

Kebanyakan orang membuang banyak masa dan tenaga untuk memikirkan masalah dan bukan cuba untuk menyelesaikannya

Harta yang paling menguntungkan ialah SABAR. Teman yang paling akrab adalah AMAL. Pengawal peribadi yang paling waspada DIAM. Bahasa yang paling manis SENYUM. Dan ibadah yang paling indah tentunya KHUSYUK. 

Tiada siapa yang paling pandai dan paling bodoh di dunia ini kerana setiap yang pandai itu boleh menjadi bodoh dan setiap yang bodoh itu boleh menjadi pandai

Apabila kepercayaan telah hilang lenyap, kehormatan telah musnah, maka matilah orang itu -Whittier

Selalu bayangkan diri anda di dalam kasut seseorang. Jika anda rasa ianya menyakitkan, fikirlah ia mungkin menyakitkan orang lain juga

Setiap jiwa yang dilahirkan telah tertanam dengan benih untuk mencapai keunggulan hidup. Tetapi benih itu tidak akan tumbuh seandainya tidak dibajai dengan keberanian

Kecemerlangan sebenar adalah apabila anda dihentam sehingga bertekuk lutut, tetapi mampu melantun kembali.

Wanita yang cantik tanpa peribadi yang mulia ,umpama kaca mata  yang bersinar-bersinar, tetapi tidak melihat apa-apa

Jangan sekali-kali kita meremehkan sesuatu perbuatan baik walaupun hanya sekadar senyuman.

 Anda bukan apa yang anda fikirkan tentang anda, tetapi apa yang anda fikirkan itulah anda
 
Hidup tak selalunya indah tapi yang indah itu tetap hidup dalam kenangan.

Biarpun jalan itu panjang, kita akan merintisnya perlahan-lahan.

Dalam kerendahan hati ada ketinggian budi. Dalam kemiskinan harta ada kekayaan jiwa. Dalam kesempitan hidup ada kekuasaan ilmu.

Kurang semangat mengakibatkan lebih banyak kegagalan berbanding kurangnya kebijaksanaan atau kemahiran.
- Flower A. Newhouse

Kebenaran itu pabila dijemur di bawah cahaya mentari, ia tidak akan lekang-lekang. Biarpun ditinggalkan dalam hujan lebat, ia tidak akan busuk.

Tawadhu ialah bila setiap kali seseorang berjumpa dengan seorang muslim, ia menyangka bahwa orang itu lebih baik daripada dirinya.

Sebaik-baik orang yang diberi nasihat ialah penguasa.

Kekuatan itu tidak terbina di atas bilangan yang ramai, tetapi kekuatan itu terbina di atas keyakinan dan optimis seseorang dan keserasian berkumpulan.

Kegagalan dalam kemuliaan lebih baik daripada kejayaan dalam kehinaan.
Memberi sedikit dengan ikhlas pula lebih mulia dari memberi dengan banyak tapi diiringi dengan riak.

Berfikir sejenak, merenung masa lalu adalah permulaan yang baik untuk bertindak

 Kata-kata yang lembut dapat melembutkan hati yang lebih keras dari batu.
Tetapi kata-kata yang kasar dapat mengasarkan hati yang lunak seperti sutera.

Seburuk-buruk buta adalah buta hati.

Lidah yang panjangnya tiga inci boleh membunuh manusia yang tingginya enam kaki.

Sebuah kebenaran kadangkala mengandungi kesilapan.
 
Kalau rumahmu dari kaca, janganlah melempari orang lain dengan batu.

Nilai hidup harus diukur dengan garis yang lebih mulia, iaitu kerja dan bukannya usia. 
-Richard Brinsley Sheridan

Nafsu mengatakan perempuan itu cantik atas dasar rupanya. Akal mengatakan perempuan itu cantik atas dasar ilmu dan kepintarannya.
 Dan hati mengatakan perempuan itu cantik atas dasar akhlaknya.

Berita tidak selalu sama dengan kenyataan.

Seseorang yang melakukan kesalahan dan tidak membetulkannya telah melakukan satu kesalahan lagi.
- Confucius

Memulai belajar sejak kecil seperti memahat di atas batu dan memulainya sesudah tua seperti menulis di air. 
  
Hidup memerlukan pengorbananan. Pengorbanan memerlukan perjuangan. Perjuangan memerlukan ketabahan.
 Ketabahan memerlukan keyakinan. Keyakinan pula menentukan kejayaan. Kejayaan pula akan menentukan kebahagiaan.
 
Kekayaan boleh mengaburkan jalan yang jujur

Harta akan habis digunakan tanpa ilmu tetapi sebaliknya  ilmu akan berkembang jika ianya digunakan.

Kekayaan bukanlah satu dosa dan kecantikan bukanlah satu kesalahan.
Oleh itu jika anda memiliki kedua-duanya janganlah anda lupa pada Yang Maha Berkuasa.

Sampan tidak akan dapat  belayar di padang pasir betapa pun jua empuknya pasir itu -Pepatah Arab

Perjalanan seribu batu bermula dari satu langkah.
- Lao Tze

Awal mula pohon ialah benih.

Kalaulah anda tidak mampu untuk menggembirakan orang lain, janganlah pula anda menambah dukanya.
 
Orang yang mengetahui harga dirinya tidak akan binasa.

Mengapa manusia gemar mencetuskan pertelingkahan sedangkan manusia itu sendiri dilahirkan dari sebuah kemesraan.

Kita sentiasa muda untuk melakukan dosa tetapi tidak pernah tua untuk bertaubat.

Gantungkan azam dan semangatmu setinggi bintang di langit dan rendahkan hatimu serendah mutiara di lautan.

Setiap mata yang tertutup belum bererti ia tidur. Setiap mata terbuka belum bererti ia melihat.
 
Saya percaya, esok sudah tidak boleh mengubah apa yang berlaku hari ini, tetapi hari ini masih boleh mengubah apa yang akan terjadi pada hari esok.

Menulis sepuluh jilid buku mengenai falsafah lebih mudah daripada melaksanakan sepotong pesanan.
 
Kegembiraan ibarat semburan pewangi, pabila kita memakainya semua akan dapat merasa keharumannya.
Oleh itu berikanlah walau secebis kegembiraan yang anda miliki itu kepada teman anda.

Esok pasti ada tetapi esok belum pasti untuk kita. Beringat-ingatlah untuk menghadapi esok yang pastikan mendatang.

Reaksi emosi jangan dituruti kerana implikasinya tidak seperti yang diimaginasi.

Jangan dipaksa anak berbuat kebaikan, jikalau orang tuanya tidak pernah menyembah Tuhannya

          Sahabat yang beriman ibarat mentari yang menyinar.
 
Lazatnya memberi maaf lebih baik daripada lazatnya membalas dendam.

Orang yang bahagia itu akan selalu menyediakan waktu untuk membaca  kerana membaca itu sumber hikmah 
menyediakan waktu tertawa kerana tertawa  itu muziknya jiwa, menyediakan waktu untuk berfikir kerana berfikir itu  pokok kemajuan,
menyediakan waktu untuk beramal kerana beramal itu  pangkal kejayaan,
 menyediakan waktu untuk bersenda kerana bersenda itu akan  membuat muda selalu
dan menyediakan waktu beribadat kerana beribadat itu adalah ibu dari segala ketenangan jiwa.

Masa depan itu dibeli oleh masa sekarang.
- Samuel Johnson

Seseorang yang jujur diterima ucapannya oleh musuh.

Kadangkala menyembunyikan sesuatu perkara dari pengetahuan orang lain lebih baik dari jika diberitahu pun tidak dihiraukan.

Penglihatan itu sebagai panah iblis yang berbisa, maka  siapa yang mengelakkannya kerana takut padaKu,
maka Aku akan  menggantikannya dengan iman yang dirasakan manisnya dalam hati...

Harta yang didatangkan oleh angin akan terbawa pergi oleh taufan.

   Kekecewaan mengajar kita erti kehidupan.Teruskan perjuangan kita  walaupun  terpaksa menghadapi rintangan demi rintangan dalam hidup

Kebaikan seorang pemimpin adalah lebih baik daripada kebaikan zaman. 

Kemarahan tidak boleh berumur panjang di dada seorang yang berhati baik, kebaikan tidak boleh berakar di hati seseorang yang berdasar buruk.

Kemaafan mungkin amat berat untuk diberikan kepada orang yang pernah melukai hati kita. Tetapi hanya dengan memberi kemaafan sahajalah kita akan dapat mengubati hati yang telah terluka. Kemaafan yang diberi secara ikhlas umpama pisau bedah yang boleh membuang segala parut luka emosi 

Segala hal yang lahir akan mati, tetapi cahaya kehidupan yang dipancarkan akan selalu bersinar buat selamanya.

Hidup ini ibarat meniti seutas tali, kadang kala kita jatuh sakit dan terluka, dan itulah yang kita rasai saat ini.

 Dua orang bersaudara ibarat dua buah tangan, yang satu membersihkan yang lainnya.

Manusia tak akan tahu semua perkara, justeru tahu banyak perkara lebih baik dari tidak suka mengambil tahu walaupun satu perkara

Orang yang meminta-minta kepada Tuhan tidak akan kecewa.

Jika kejahatan di balas kejahatan, maka itu adalah dendam.
Jika kebaikan dibalas kebaikan itu adalah perkara biasa.
Jika kebaikan dibalas kejahatan, itu adalah zalim.
Tapi jika kejahatan dibalas kebaikan,
itu adalah mulia dan terpuji."
(La Roche)

Manusia yang tidak berharap untuk menang telah sedia kalah.

Hidup umpama aiskrim. Nikmatilah ia sebelum cair.

Kita mesti pastikan hari ini adalah milik kita kerana kita belum pasti adakah hari esok kita masih diberi peluang.

Hidup tidak boleh berpandukan perasaan hati yg kadangkala boleh menjahanamkan diri sendiri.
Perkara utama harus kita fikirkan ialah menerimasesuatu atau membuat sesuatu dgn baik berlandaskan kenyataan.

Selalu bayangkan diri anda di dalam kasut seseorang. Jika anda rasa ianya menyakitkan, fikirlah ia mungkin menyakitkan orang lain juga

Nilai manusia adalah semahal nilai matlamatnya.
- Marcus Aurelius

Kasihkan manusia lepaskan dia kepada pilihan dan keputusannya kerana di situ tanda kita gembira melihat insan yang kita sayangi beroleh bahagia

Orang yang berkhianat selalu terhina.

Kebahagiaan adalah haruman yang tidak boleh kamu semburkan kepada orang lain tanpa kamu sendiri mendapat beberapa titisan daripadanya -Emerson

Orang yang berani tidak akan membabi-buta melompat masuk ke dalam jurang, melainkan masuk dengan perlahan-lahan dan dengan mata yang terbuka setelah mengukur dalamnya -Stahl P.J

Hari yang mendatang tidak akan memberikan sebarang makna jika kegagalan semalam tidak dijadikan teladan. 

 Hidup adalah gabungan antara bahagia dan derita. Ia adalah menguji keteguhan iman seseorang.
Malangnya bagi mereka yg hanya mengikut kehendak hati tidak sanggup menerima penderitaan.
( Harieta Wahab)

Kegagalan ialah satu-satunya yang dapat diraih tanpa pengerahan tenaga sedikit pun. 

Sekiranya seorang manusia dipanggil sebagai seorang penyapu sampah, dia harus menyapu sama sepertimana
Michelangelo melukis atau Beethoven memainkan muziknya, ataupun Shakespeare menulis puisinya. Dia harus menyapu dengan begitu baik sekali sehingga semua yang terdapat di syurga dan dunia akan berhenti dan berkata disinilah tempat tinggal seorang penyapu
sampah yang paling hebat, yang telah melakukan kerjanya dengan baik sekali.

Cara terbaik menghukum orang yang telah melakukan kesalahan terhadap kita ialah dengan berbuat baik kepadanya. 

Orang yang cekal dan mempunyai keyakinan diri yang tinggi, tidak pernah merasa terancam dengan perkataan atau perbuatan yang remeh dan tidak disengajakan. Sebaliknya mereka akan menumpukan perhatian ke arah mencapai matlamatnya 

Batu yang bergerak tidak bisa ditumbuhi tanaman.

Berbahagialah orang yang dapat menjadi tuan untuk dirinya, menjadi pemandu untuk nafsunya dan menjadi kapten untuk bahtera hidupnya -Saidina Ali

Jika kamu berhasrat untuk berjaya, jangan hanya memandang ke tangga tetapi belajarlah untuk menaiki tangga tersebut. 

Ada dua cara seseorang itu tidak boleh berjaya iaitu orang yang hanya mengerjakan apa yang disuruh dan orang yang tidak mahu mengerjakan apa yang disuruh. 

Tidak ada manusia yang hidup untuk gagal, tetapi tidak merancang adalah merancang untuk gagal.

Apabila kepercayaan telah hilang lenyap, kehormatan telah musnah, maka matilah orang itu.. 
-Whittier

Hadiah Terbaik

Kepada kawan - Kesetiaan
Kepada musuh - Kemaafan
Kepada ketua - Khidmat
Kepada yang muda - Contoh terbaik
Kepada yang tua - Hargai budi mereka dan kesetiaan.
Kepada pasangan - Cinta dan ketaatan
Kepada manusia - Kebebasan

Keberanian yang sebenar ibarat layang-layang. Sentakan angin yang menentangnya bukan melemparkannya ke bawah, sebaliknya menaikkannya -John Petitsenn

Orang yang terakhir tertawanya, tentu lebih banyak tertawa.

 Berfikir secara rasional tanpa dipengaruhi oleh naluri atau emosi merupakan satu cara menyelesaikan masalah yg paling berkesan

Apakah diharapkan hujan tanpa awan.

Sesiapa yang tidak pernah merasai kepahitan tidak akan mengenal kemanisan. 

Dunia ini ibarat pentas. Kita adalah pelakonnya. Maka berlumba-lumbalah beramal supaya hidup bahagia di dunia dan akhirat.

Selemah-lemah manusia ialah orang yg tak boleh mencari sahabat dan orang yang lebih lemah dari itu ialah orang yg mensia-siakan sahabat yg telah dicari
( Saidina Ali)

Sahabat yang setia bagai pewangi yang mengharumkan.
Sahabat sejati menjadi pendorong impian. Sahabat berhati mulia membawa kita ke jalan Allah.

Jadilah cahaya suram yang kekal abadi sinarannya dan elakkan daripada menjadi cahaya terang yang bersifat seketika cuma. 

Cakap sahabat yang jujur lebih besar harganya daripada harta benda yg diwarisi dari nenek moyang
(Saidina Ali)

Air mata wanita adalah senjata yang membuahkan kemenangan.

Berfikir itu cahaya, kelalaian itu kegelapan, kejahilan itu kesesatan dan manusia yang paling hina ialah orang yang menganiaya orang bawahannya.

Kepapaan membuat seseorang yang petah bercakap menjadi pendiam dan menyebabkan seseorang yang bijak menjadi bodoh. 

Ingatlah, sabar itu iman, duit bukan kawan, dunia hanya pinjaman dan mati tak berteman..

Kaya jiwa lebih baik daripada kaya harta.

Lidahmu adalah bentengmu, jika engkau menjaganya maka ia akan menjagamu, dan jika engkau  membiarkannya maka ia tidak akan mempedulikanmu

Jangan sesekali menggadai prinsip, demi untuk mendapat dunia yang  mengiurkan

Orang yg paling berkuasa adalah orang yg dapat menguasai dirinya sendiri

Setiap manusia adalah arkitek kehidupannya sendiri. Dia membinanya seperti mana yang dikehendakinya namun
selepas dia membina apa yang dikehendakinya, kadang kala dia mendapati bahawa dia tidak menyukai apa yang
telah dibinanya dan mencari seseorang atau sesuatu untuk dipersalahkan daripada mencuba untuk menukar dirinya sendiri.

Jangan lakukan semua yang kamu ketahui, jangan berbelanja semua yang kamu miliki, jangan percaya semua yang kamu dengar dan jangan memberitahu semua yang kamu dengar. 

Seseorang menganggap sekatan sebagai batu penghalang, Sedangkan orang lain menganggapnya sebagai batu lonjatan.

Kalau kita melakukan semua yang kita upaya lakukan, sesungguhnya kita akan terkejut dengan hasilnya.

Kita selalu lupa atau jarang ingat apa yang kita miliki, tetapi kita sering kali ingat apa yang orang lain ada.

Apa yang diperolehi dalam hidup ini, adalah sepenuhnya daripada apa yang kita berikan padanya.

Semulia-mulia manusia ialah siapa yang mempunyai adab, merendahkan diri ketika berkedudukan tinggi,
 memaafkan ketika berdaya membalas dan bersikap adil ketika kuat
- Khalifah Abdul Malik bin Marwan

Adalah tidak mustahil orang yang paling kita benci sekarang adalah kawan karib kita suatu waktu dahulu. 

Jika kita melakukan sesuatu dengan keikhlasan, nescaya ganjaran yang kita terima juga setanding dengan apa yang kita usahakan.

Dalam kepala kaum wanita ada kekurangan, tetapi dalam hati mereka ada kelebihan. 

Gerobak kosong lebih banyak bisingnya (suara ributnya) daripada gerobak yang penuh muatan.

Sekiranya anda meletakan satu nilai kecil ke atas diri anda sendiri, ketahuilah bahawa dunia tidak akan meningkatkan harga anda itu

Kalau tidak kerana semalam kita telah berusaha, bersungguh, bersabar dan berdoa, belum tentu hari ini kita akan berada di sini

Fikirkan hal-hal yang paling hebat,Dan engkau akan menjadi terhebat. Tetapkan akal pada hal tertinggi, Dan engkau akan mencapai yang tertinggi.

Dunia ini tiada jaminan melainkan satu peluang.

Kehidupan kita di dunia ini tidak menjanjikan satu jaminan yang berkekalan. Apa yang ada hanyalah percubaan, cabaran dan pelbagai peluang.
Jaminan yang kekal abadi hanya dapat ditemui apabila kita kembali semula kepada Ilahi.

Pemimpin yang berjaya ialah orang yang boleh mengawal komunikasi dengan orang yang lebih atas daripadanya
dan boleh mengawal komunikasi dengan orang yang lebih bawah daripadanya.

Kebijaksanaan menjanjikan kejayaan dan kebahagiaan tetapi jika disalahgunakan akan mewujudkan penderitaan

Didiklah anak-anakmu itu berlainan dengan keadaan kamu sekarang  kerana mereka telah dijadikan Tuhan untuk zaman yang bukan zaman engkau -Saidina Umar Al-Khattab 

Diam adalah suatu hikmah, tetapi sedikit sekali pelakunya.

Adab dan akhlak adalah ibarat pokok dan kemasyhuran adalah seperti bayang-bayang. Tetapi malangnya, kebiasaan orang lebih melihat bayang-bayang daripada pokoknya.

Kata kata yang sering diucap biarlah selari dengan apa yang dirasakan kerna selalunya apa yang terungkap tidak sama seperti apa yang diungkap

Lebih baik menjadi pendengar yang bijak daripada menjadi pemerhati yang kaku dan tidak tahu apa-apa. 

Rahsia kejayaan hidup adalah persediaan manusia untuk menyambut kesempatan yang menjelma.

Anda tidak boleh mencipta pengalaman. Anda mesti menghadapinya.
- Albert Camus

Harta tidak akan berkurang kerana sedekah dan melakukan amal.

Sahabat sejati umpama pohon rendang tempat kita berteduh.

Manusia biasanya lebih menghargai sesuatu yang sukar diperoleh tetapi sering melupakan nikmat yang telah tersedia. 

Kekuatan tidak datang dari kemampuan fizikal,tetapi ianya datang dari semangat yang tidak pernah mengalah.

Mengetahui perkara yang betul tidak memadai dan bermakna jika tidak melakukan perkara yang betul.

Kecemerlangan adalah hasil daripada sikap yang ingin sentiasa melakukan yang terbaik.

Manusia tidak perlu dihukum kerana lupa, tetapi manusia perlu dihukum kerana sengaja lupa.

Barangsiapa mempertimbangkan keselamatan dalam tindakannya, maka tenanglah batinnya.

Orang yang berjaya dalam hidup adalah orang yang nampak tujuannya dengan jelas dan menjurus kepadanya tanpa menyimpang.
- Cecil B. DeMille

Jangan biarkan perahu hanyut tak berpenghuni nanti hanyutnya tidak singgah ke pelabuhan

Ukuran yang paling tinggi tentang adab seseorang itu, ia wajib menaruh perasaan malu akan dirinya terlebih dahulu
- Aflatun

Jambatan menjadi penghubung antara dua buah kampung, perkahwinan menjadi penghubung antara dua insan dan anak menjadi penghubung antara ibu dan ayah

Tiada manusia yang bergembira sepanjang masa tetapi ianya bukanlah suatu alasan untuk hidup sengsara
 
Kesempatan yang kecil seringkali merupakan permulaan kepada usaha yang besar.

Menyesal tidak berbicara lebih baik daripada menyesal berbicara.

Sesungguhnya orang yang berakal itu menyembunyikan rahsianya, dan orang yang jahil membuka keaibannya. 

Anda akan mempunyai ramai kenalan jika anda meminati mereka dan bukannya
cuba membuat mereka meminati anda

Jangan memandang ke bawah (untuk mengetahui kekuatan tanah yang dipijak) sebelum memulakan langkah .Hanya
mereka yang menetapkan pandangan mereka ke arah horizon yang jauh dihadapan sahaja yang akan menemui jalan sebenar.

Jangan mengukur kebijaksanaan seseorang hanya kerana kepandaiannya berkata-kata tetapi juga perlu dinilai buah fikiran serta tingkah lakunya. 

Sesungguhnya apa yang kita lihat serupa sebenarnya tidak semestinya sama. 

Akhlak yang buruk itu ibarat tembikar yang pecah. Tidak dapat dilekatkan lagi dan tidak dapat dikembalikan menjadi tanah -Wahab B Munabin

Sahabat sejati dan setia adalah lebih bernilai dari semua emas di dunia ini.

Peperangan hanya boleh menjanjikan kemenangan selepas kemusnahan dan kematian. 

Adalah mudah menukarkan status seorang sahabat menjadi kekasih daripada (bekas) kekasih menjadi sahabat.

Bangsa penakut tidak boleh merdeka dan tidak berhak merdeka. Ketakutan adalah penasihat yang sangat curang untuk kemerdekaan -Andre Colin

Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai sesuatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa merdeka -Soekarno

Semiskin-miskin orang ialah orang yang kekurangan adab dan budi pekerti
-Hukama

Ciri orang yang beradab ialah dia sangat rajin dan suka belajar, dia tidak malu belajar daripada orang yang berkedudukan lebih rendah darinya   - Confucius

Jangan tanya apa yang dibuat oleh negara untukmu, tapi tanyalah apa yang boleh kamu buat untuk negara -Abraham Lincoln

 Jangan mengharapkan kebaikan dari orang yang tidak mengharapkan kebaikan dari kamu.

Hidup biar beradab, bukan hidup untuk biadap -Al-Ghazali Bayruni

Rakyat itu akar bangsa. Jika akarnya sihat, pokoknya pun sihat -Beng Tju

Agama tanpa ilmu adalah buta. Ilmu tanpa agama adalah lumpuh -Albert Einstein

Teman manusia yang sebenar ialah akal dan musuhnya yang celaka ialah jahil

Memohon doa kepada Tuhan adalah laksana samudera yang dapat mencapai setiap sudut pantai keperluan hidup manusia

 Sesuatu khayalan kadang-kadang menjadi realiti

Jika manusia masih tetap jahat dengan adanya agama, bagaimana lagi jika tiada agama? -Benjamin Franklin

Jika kamu mendapat kesusahan, ingatlah menyimpan kesabaran- Horatius

Menghitung orang-orang gila di suatu negeri lebih sulit daripada menghitung orang-orang yang berakal.

Orang yang paling tidak bahagia ialah mereka yang paling takut pada perubahan - Mognon Me Lauhlin

Nilai hidup harus diukur dengan garis yang lebih mulia, iaitu kerja dan bukannya usia. 
-Richard Brinsley Sheridan

Kecantikan hanya sedalam kulit, tetapi masuk ke dalam tulang -Pepatah inggeris

Kita patut berkorban supaya orang lain juga merasai kemanisan hidup.

Keruntuhan keluarga telah melahirkan generasi yang lemah -Rahmohan Ghandi

 Rahsia untuk berjaya ialah menghormati orang lain

Ikhlaslah menjadi diri sendiri agar hidup penuh dengan ketenangan dan keamanan

Kecemerlangan sebenar adalah apabila kamu dihentam sehingga bertekuk lutut, tetapi mampu melantun kembali.

Di sebalik keindahan rumah tersergam, disebalik senyum dan tawa, seseorang insan itu mungkin dilanda kepahitan dan kekecewaan yang tidak diketahui orang lain.

Jalan menuju kebahagian itu tidak ditaburi bunga mawar yang harum, melainkan penuh duri dan pahit -- William Shakespeare

Kadang-kadang Tuhan sembunyikan matahari, DIA datangkan petir dan kilat. Kita menangis dan tertanya-tanya ke mana hilangnya matahari, rupa-rupanya Tuhan hendak memberi kita pelangi

Waktu itu bagaikan pedang, jika tidak kau potong maka ia (waktu) akan memotongmu.

Penyesalan terbesar dalam hidup ialah risiko yang kita tidak ambil. Jika anda merasakan sesuatu itu akan membuatkan anda bahagia, maka teruskan. Ingatlah bahawa kita akan melalui semua ini hanya sekali, mungkin tiada lagi peluang kedua.

Andai hidup punca perpisahan, biarlah mati menyambungnya semula.
Namun seandainya mati punca perpisahan, biarlah hidup ini membawa erti yang nyata.

Kemaafan mungkin amat berat untuk diberikan kepada orang yang pernah melukai hati kita. Tetapi hanya dengan memberi kemaafan sahajalah kita akan dapat mengubati hati yang telah terluka. Kemaafan yang di beri secara ikhlas umpama pisau bedah yang boleh membuang segala parut luka emosi

Jangan berputus asa dalam mencari Ilmu bila Ilmu yang dicari itu tidak mahu masuk kedalam sanubari, tapi bersabarlah,kerana air yang lembut itu apabila menitis keatas sebiji batu yang besar secara berterusan, batu itu pasti akan mempunyai lekuk

Sesungguhnya persahabatan itu lebih unggul dari percintaan, tanpa persahabatan percintaan akan berakhir tetapi tanpa percintaan, persahabatan boleh kekal. Oleh itu hargailah persahabatan yang terjalin.

Kenali senjata wanita: Airmata, senyuman, tuturkata, berhias dan kepandaian" -Kitab Melayu Lama Tajul Muluk

Hidup kita ibarat subjek matematik iaitu tambah, tolak, darab dan bahagi. amalan yang baik hendaklah ditambahkan, segala perbuatan yang buruk dan dimurkai oleh Allah hendaklah ditolak atau dijauhkan, pahala amalan hendaklah digandakan dan masa yang ada hendaklah dibahagikan dengan sempurna agar kita tidak tergolong dalam golongan mereka yang rugi hidup di dunia dan akhirat.

Apabila anda mula menyangka anda telah membuat satu pilihan yang salah dalam hidup anda dan terus menyangka kebahagian tidak akan anda kecapi kerana kesalahan membuat pilihan itu, selamanyalah anda tidak akan berasa bahagia" - Dr HM Tuah Iskandar Al-Haj

Berusahalah dengan ikhlas tanpa memikirkan balasan semata-mata, kerana semakin tinggi keikhlasan di dalam diri, semakin tinggilah balasan baik yang akan diperolehi dalam keadaan sedar atau tidak

Kenangan itu kadangkala teramat pahit untuk diredah, tetapi ia terlalu manis untuk dikenang.

Sekiranya kamu yakin kamu boleh menang sememangnya kamu boleh,
tetapi jika kamu fikir kamu akan kalah sememangnya kamu berada dalam jalan menuju kekalahan.

Renung fikiranmu, ia menjadi kata-kata;
Renung kata-katamu, ia menjadi perbuatan;
Renung perbuatanmu, ia menjadi amalan;
Renung amalanmu, ia adalah sifat dirimu.

Yang indah itu pertemuan, yang manis itu kemesraan, yang pahit itu perpisahan, yang tinggal hanyalah kenangan.

Apabila temanmu berubah dan bertukar keadaannya jangan engkau tinggalkan dia kerana sekali ia membengkok dan sekali ia melurus. Manusia tidak sunyi daripada kesilapan

Bersendirian lebih baik daripada mengambil teman duduk dengan orang jahat dan teman duduk orang baik adalah lebih baik daripada duduk bersendirian

Dosa yang paling keji terhadap rakan-rakan bukanlah kerana membenci mereka tetapi kerana kita bermuka-muka dengan mereka.

Tidak ada orang yang berjaya dalan keadaan dirinya tak pernah sedia untuk berjaya kalau dia "berjaya" itu bukan kejayaan tapi kebetulan.

Memendam rasa, baik yang elok mahupun yang tidak semuanya pasti meletup. Yang diperam pasti masak,yang direbus pasti mendidih, yang ditanak pasti menjadi bubur.

Teman yang baik adalah orang dapat berkata benar kepada kita dan bukan orang yang selalu membenar-benarkan perkataan kita

Pujian adalah makanan minda dan ia meransang otak. Otak yang teransang hasil daripada pujian yang tulus menjadikannya lebih kreatif

Memendam perasaan ibarat memasang bom jangka yang diletakkan sendiri didalam rumah.

Orang yang ingin hidup bahagia, perlu menjaga empat perkara:
1. teguh menjaga kehormatan
2. redha menerima apa yang sedikit
3. berbuat kebaikan setiap hari
4. memelihara lidah dari perkataan keji

Kita akan meras bahagia apabila orang berasa senang dengan kita dan mencintai diri kita seperti mencintai dirinya sendiri.

Marah menyebabkan separuh keintelektualan hilang berganti dengan tindakan-tindakan meluru,bodoh dan tidak munasabah.

Esok belum tentu matahari masih mencerah merah, entah-entah sudah padam di kelopak mata kita..

Hidup adalah akar yang menjalar, menjelajah kesegenap destinasi, walau payah walau sukar walau yang datang hanyalah setitis air jernih yang bakal menyinari hidup sesingkat cuma .

Dunia ibarat laut, semakin banyak diminum, semakin haus

Mengemukakan dalil kepada orang bodoh adalah mudah tetapi menyakinkannya amat sukar

Tidak penting sama ada berapa lama kita hidup. Yang penting bagaimana keadaan kita semasa hidup.

Hargailah dan pertinggikanlah peribadimu. Orang-orang yang bercita-cita harus mampu menaksir harga peribadinya secermat-cermatnya. Anda harus tahu akan harga diri dan harus selalu cuba untuk memepertinggikan peribadimu itu.

Jika seseorang hadir dalam hidup kamu dan menjadi sebahagian daripada kamu, tetapi atas sebab tertentu dia terpaksa pergi, jangan terlalu sedih, terimalah kenyataan itu dan sekurang-kurangnya dia pernah membahagiakan kamu.

Hanya orang yang bodoh sahaja akan terhantuk kepada batu yang sama buat kali ketiga, apabila hantukan yang pertama itu tidak diambil peduli.

Kesilapan itu adalah peluang untuk membuat kejayaan yang lebih cemerlang.

Ilmu itu adalah perhiasan yang paling menawan dan tiada tandingannya bagi orang yang benar-benar ikhlas mencarinya

Angan-angan yang panjang itu adalah salah satu daripada kerosakan dalam mencapai kejayaan Ilmu

Jadilah bunga mawar yang indah berpagarkan duri.Jangan biarkan dirimu menjadi sebarangan bunga yang tetap juga indah tetapi,sayang tidak berduri. Apabila tiada duri, tiada lagi benteng yang boleh melindungi keindahan si bunga daripada sewenang-wenangnya didekati sang kumbang. Lantas, tercemarlah keindahan dan murahlah nilainya. Duri mawar itulah ditasybihkan dengan perbatasan aurat, akhlak dan al-haya'. Dengan pagaran duri itu, kilauan warnanya semakin memancar indah dan harum aromanya menyelinap di segenap naluri yang mengundang kekaguman di hati sang kumbang hinggakan sang kumbang berfikir beberapa kali untuk mendekatinya.

Sahabat yang beriman ibarat mentari yang menyinar.
Sahabat yang setia bagai pewangi yang mengharumkan.
Sahabat sejati menjadi pendorong impian.
Sahabat berhati mulia membawa kita ke jalan Allah

Lalai sesaat adakalanya mencucurkan air mata setahun- Peribahasa Belanda




 

            PANTUN        

Pantun Perpisahan

 

 

Tuai padi antara masak
    Esok jangan layu-layuan
Intai kami antara nampak
    Esok jangan rindu-rinduan

Kalau ada sumur di ladang
    Boleh saya menumpang mandi
Kalau ada umur yang panjang
    Boleh kita berjumpa lagi

                                            Hari ini menanam jagung
                                                  Hari esok menanam serai
                                            Hari ini kita berkampung
                                                  Hari esok kita bersurai

Malam ini menanam jagung
    Malam esok menanam serai
Malam ini kita berkampung
    Malam esok kita bercerai

                                    Hari ini menugal jagung 
                                         Hari esok menugal jelai 
                                    Hari ini kita berkampung 
                                         Hari esok kita bercerai 

                                                                        Batang selasih permainan budak 
                                                                             Berdaun sehelai dimakan kuda 
                                                                        Bercerai kasih bertalak tidak 
                                                                             Seribu tahun kembali juga 

 



Orang Aceh sedang sembahyang 
    Hari Jumaat tengah hari 
Pergilah kasih pergilah sayang 
    Pandai-pandailah menjaga diri 

                                          Mana Manggung, mana Periaman 
                                                Mana batu kiliran taji 
                                          Tinggal kampung tinggal halaman 
                                                Tinggal tepian tempat mandi 

                                                                            Bintang Barat terbit petang 
                                                                         Bintang Timur terbit pagi 
                                                                            Jika tidak melarat panjang 
                                                                         Ada umur ketemu lagi

Dari mana hendak ke mana 
    Tinggi ruput dari padi 
Tahun mana bulan mana 
    Dapat kita berjumpa lagi?

Dian tiga lilin pun tiga
   Tanglung tergantung rumah laksamana
Diam juga sabar pun juga
  
Ada umur tidak ke mana

Anna Abadi pergi ke Rasah
    Pulang semula sebelah pagi
Kita bertemu akhirnya berpisah
    Diizin Tuhan bersua lagi

 

                                                                            Angin teluk menyisir pantai    
                                                           Hanyut rumpai di bawah titi
                                                                      Biarlah buruk kain dipakai    
                                                             Asal pandai mengambil hati

Pergi mendaki Gunung Daik
                Hendak menjerat kancil dan rusa
            Bergotong-royong amalan yang baik
        Elok diamalkan setiap masa

 

 

 

 

Sampai bertemu lagi di buku yang ke 3 (tiga)

                                               

             Karya        : Yayan Istiana

Email me : bojes_baik@yahoo.co.id

                                                             arie726@yahoo.com